Jangan Asal Pasang Aksesoris Mobil, Perhatikan Hal Berikut Sob!

Jangan Asal Pasang Aksesoris Mobil, Perhatikan Hal Berikut Sob!

KabarOto.com – Penggunaan aksesoris pada setiap mobil sering dilakukan oleh beberapa pemilik mobil. Selain mempercantik tampilan mobil, aksesoris juga bisa memberikan fungsi lebih untuk pengemudi dan penumpang.

Tapi Sob, pemasangan aksesoris mobil tidak bisa sembarangan. Pasalnya, salah pasang aksesoris mobil berpotensi korsleting listrik hingga menyebabkan kecelakaan.

“Pemasangan aksesoris mobil tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dikerjakan oleh ahlinya untuk menghindari risiko masalah di kemudian hari,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Baca juga: Kaca Film Tepat Untuk Mobil Listrik, Ada?

Nah, sebelum memilih dan memasang aksesoris mobil, Sobat Kabaroto harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

1. Aksesoris sesuai kebutuhan

Aksesoris yang tidak dibutuhkan dan tidak sesuai estetika malah akan membuat tampang mobil menjadi aneh dan tidak enak dilihat. Termasuk jangan terlalu banyak memasang aksesoris sehingga penampilan mobil menjadi kurang serasi dan proporsional.

2. Sesuaikan budget

Aksesoris bukan komponen vital pada mobil. Tidak perlu memaksakan diri jika dari sisi finansial kurang mendukung. Buatlah daftar aksesoris berdasarkan prioritas, misal mendahulukan kaca film mengingat fungsinya yang penting. Atau membeli tempat sampah dan cargo net jika sering bepergian dengan membawa banyak barang bawaan bersama keluarga tercinta.

Baca juga: Modifikasi Toyota Raize Pakai Bodykit Noblesse

3. Spesifikasi mobil

Jangan asal memasang aksesoris hanya karena suka tanpa melihat apakah sesuai dengan spesifikasi mobil. Seperti membeli aksesoris untuk mobil lain yang akhirnya tidak bisa dipasang atau membeli produk aftermarket yang berbeda dudukan dan konektornya.

4. Faktor keselamatan

Pastikan aksesoris tidak mengganggu dalam mengoperasikan kendaraan atau menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya memilih kaca film yang terlalu gelap atau memasang spoiler yang dudukannya tidak sesuai sehingga berisiko copot. Jangan pula memasang aksesoris yang mengganggu kelistrikan untuk mencegah korsleting listrik karena dapat memicu kebakaran.