Jangan Biarkan Ban Mobil Didiamkan Lama, Ini Harus Dilakukan

Jangan Biarkan Ban Mobil Didiamkan Lama, Ini Harus Dilakukan

KabarOto.com - Saat pandemik Covid-19, banyak masyarakat yang bekrja di rumah. Melakukan aktivitas di luar rumah seperlunya saja, agar tidak tertular virus Corona yang saat ini penyebarannya masih tinggi.

Jika bepergian dekat, mungkin menggunakan sepeda motor saja cukup. Nah, bagi mereka yang memiliki mobil, tentu akan terparkir lama di garasi rumah. Setelah dicuci bersih bagian eksterior dan interior, kemudian mobil pun disimpan.

Baca juga: Diamkan Mobil Di Garasi Terlalu Lama Bisa Merusak Ban

Namun, ada yang perlu Anda ketahui, jika ingin menyimpan mobil di garasi rumah ada baiknya jangan didiamkan dalam waktu lama. Sebaiknya sering dijalankan, cukup beberapa ratus meter saja.

"Agar ban bergerak, baik telapak ban maupun dinding samping ban, tidak diam saja," terang Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tb menyatakan. Selanjutnya selalu memberi tekanan maksimum waktu saat kendaraan tidak dipakai.

"Untuk kendaraan penumpang maksimum tekanan angin 44 Psi," tambah Zulpata. Selanjutnya menurut dia, secara berkala dinding samping ban diberi pengkilap khusus untuk ban, dengan bahan dasar silikon, khusus untuk ban.

"Kalau memungkinkan kendaraan di dongkrak, sehingga ke 4 rodanya terangkat," tambah dia. Namun harus hati-hati posisi dongkraknya, harus aman, tidak mudah jatuh jika tersentuh atau kesenggol.

Bicara lamanya waktu, tidak bisa dipastikan, karena tergantung beberapa hal, di antaranya suhu ruangan dan berat kendaraan. "Selain itu, posisi simpan ditempat teduh atau terbuka harus dilihat juga," tambah pria ini ramah.

Baca Juga: Biaya Perawatan Mobil Listrik Lebih Mahal 2 Kali Lipat Dibandingkan Mobil Bermesin Bensin?

Setidaknya, menurut Zulpata satu sampai dua bulan sekali boleh di coba dulu, kalau sudah ada masalah, misal sudah terjadi flat spot, berarti harus lebih sering lagi diperiksanya. "Sebaliknya, kalau belum ada masalah, berarti waktu pemeriksaan bisa lebih lama lagi.