POPULAR STORIES

Jangan Motoran Waktu Puasa Ramadan Sebelum Lakukan 5 Hal Ini

Jangan Motoran Waktu Puasa Ramadan Sebelum Lakukan 5 Hal Ini Kipli/ KabarOto/ YIMM

KabarOto.com - Selama bulan Ramadan, seluruh umat muslim diharuskan berpuasa lebih dari 12 jam. Dengan kondisi ini, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak pula terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya.

Selain itu, kewajiban untuk meningkatkan volume ibadah dan bangun di pertengahan malam untuk santap sahur, membuat pola tidur tidak teratur.

Saat berpuasa, aktivitas lainnya juga tetap dilakukan termasuk berkendara dengan sepeda motor. Hal ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kondisi fisik yang lebih prima dibandingkan saat tidak berpuasa.

“Istirahat dan makanan bergizi saat sahur sangat penting. Selain itu faktor eksternal seperti terburu-buru karena mengejar waktu berbuka juga perlu dihindari dengan pemilihan jalan yang tepat misalnya,” papar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca Juga: Begini Cara Melewati Polisi Tidur Yang Benar Dengan Sepeda Motor

1. Pola Makan Sahur yang baik

Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

2. Olah Raga Ringan & Istirahat Cukup

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Olah raga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu kondisi tubuh tetap bugar. Jangan lupakan juga untuk istirahat sejenak ditengah aktivitas yang padat.

3. Atur Kecepatan

Hindari berkendara dengan terburu-buru saat berkendara mengejar waktu berbuka di rumah. Waspada jika melewati area yang ramai saat menjelang buka puasa, banyak orang mencari makanan untuk berbuka.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Throttle Body Sepeda Motor Kesayangan Sobat

Hindari jalur yang padat dan macet dan lebih baik pulang lebih awal atau berbuka dulu diperjalan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Gunakan Safety Gear & Cek Kondisi Motor

Gunakan safety gear seperti helm dengan visor, gunakan sepatu yang nyaman untuk perlindungan kaki, jaket dan sarung tangan. Cek juga kondisi motor.

5. Istirahat cukup saat berkendara jarak jauh

Saat berkendara jarak jauh, jika fisik mulai lelah sebaiknya istirahat dahulu di area yang nyaman. Disarankan pengendara sudah bisa menentukan area untuk berhenti jika mengharuskan berbuka di jalan.