POPULAR STORIES

Jangan Pakai Sabun Cuci Piring Untuk Cuci Mobil

Jangan Pakai Sabun Cuci Piring Untuk Cuci Mobil

KabarOto.com – Terkadang pemilik mobil saat di rumah mencuci sendiri masih banyak yang menggunakan sabun cuci piring. Karena dinilai lebih praktis dan mudah didapat ketimbang menggunakan shampo khusus mobil.

Walaupun sama-sama bersifat membersihkan, namun kandungan dalam sabun itu berbeda. Ph dari sabun cuci piring tidak sesuai dengan jika dipakai untuk membersihkan bodi mobil. Oleh karena itu disarankan memakai shampo khusus mobil.

Baca juga: 6 Tips Penting Saat Mobil Menganggur Selama PPKM

“Pakai sabun khusus mobil dengan ph balance, jangan pakai sabun cuci piring dan sebagainya karena justru bisa merusak warna mobil,” ujar Nugroho selaku Supervisor PPS Autoshine.

Merusak warna disini maksudnya adalah mengikis lapisan cat. Jika dilakukan terus menerus dikhawatirkan warna mobil akan memudar karena pernis memudar dan cat terlihat belang, atau dalam kasus parah, mobil bisa lebih cepat berkarat.

Salah satu produk shampoo mobil wash and wax.

Begitu juga shampo mobil lebih disarankan menggunakan k tanpa kandungan wax. Karena apabila mencuci mobil sendiri, tentu akan memakan waktu lama per bagiannya, sehingga jika terlalu lama tidak dibilas, sisa wax bisa keburu mengering dan malah menimbulkan bercak.

Baca juga: Perhatikan Ini Agar Aman Naik Motor Saat Hujan

“Sebaiknya kalau cuci sendiri gunakan shampoo yang biasa. Karena kalau memakai yang ada kandungan wax harus cepat dibilas, jika tidak maka akan timbul bekas wax-nya ketika mengering,” paparnya.