Perhatikan Ini Agar Aman Naik Motor Saat Hujan

Perhatikan Ini agar Aman Naik Motor saat Hujan Pengendara motor terjatuh di jalan saat hujan (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba. Para pengendara motor wajib waspada, karena saat hujan jalan raya menjadi licin, dan rawan terjadi kecelakaan yang disebabkan tergelincir. Jika Penyebabnya karena ban sudah tidak lagi memiliki kembangan alias gundul, dan juga salah dalam memilih tapak ban.

Freddy Yohannes, Head of Promotion PT Banteng Pratama Rubber (BPR) menjelaskan, cara menggunakan ban yang agar aman saat hujan.

"Kalau secara umum ban basah kebanyakan orang akan memilih yang memang sesuai untuk kondisi basah. Tapi saat ini pabrikan ban membuat untuk kondisi basah dan kering," terang Freddy.

Baca Juga: Sudah Diproduksi, Mizzle Tunda Perkenalan Ban Khusus Yamaha NMax

Freddy pun memaparkan tips agar aman saat hujan. Pertama ban yang yang digunakan buangan airnya harus bagus. Atau langsung bisa dibuang ketika melintas genangan. Untuk menghindari aquaplaning.

"Buangan airnya harus bagus, jadi saat melintasi genangan tidak mengalami aquaplaning," terangnya.

Kemudian ukuran ban harus sesuai, tidak disarankan menggunakan ban yang lebih kecil dari ban standar. "Kalau pakai ban yang lebih kecil dari standar pabrik, nanti tidak akan stabil," ucapnya.

Lalu tekanan angin juga tidak boleh terlalu kencang. Karena menurutnya, akan mengurangi titik tumpu atau kurang napak. "Ini juga akan membuat ban jadi liar kalau hujan," paparnya.

Baca Juga: Isuzu Buka Suara Soal Akusisi UD Trucks Dari Volvo Group

Selain ban, kecepatan juga menurutnya harus dijaga. Karena efek aquaplaning kadang tidak berfungsi pada kecepatan tinggi. Walau alur buangan air sudah baik.