POPULAR STORIES

Jangan Panik, Ini Langkah Darurat Ketika Motor Mogok Karena Banjir

Jangan Panik, Ini Langkah Darurat Ketika Motor Mogok Karena Banjir Kipli/KO

KabarOto.com - Turunnya hujan lebat yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan beberapa wilayah Jabodetabek tergenang air hingga banjir. Sebagian warga yang menggunakan sepeda motor kadang harus menerjang banjir karena tak memiliki pilihan lain.

Tak sedikit motor yang digunakan mogok karena beberapa komponen terendam air sehingga mengalami kerusakan. Terdapat beberapa solusi yang akan membantu menghidupkan motor saat mogok di tengah banjir seperti yang dikemukakan Budi pemilik bengkel JMS, Jl Raya Daan Mogot, Jakarta Barat.

1. Tenang dan Jangan Panik

Poin pertama ini harus diperhatikan, setelah keadaan lebih tenang, menganalisa keadaan motor Sobat KabarOto akan lebih berkonsentrasi. Jangan lupa posisikan motor seaman mungkin. Pilih tempat yang agak longgar dan tidak mengganggu arus lalu lintas.

2. Cek Busi

Analisa pertama, menurutnya, perhatikan bagian busi. "Lepaskan busi motor dan coba dikeringkan agar kepala busi tidak basah. Karena itu, pengendara diharap untuk selalu membawa kunci busi untuk mengantisipasi hal seperti ini," jelasnya.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Lakukan Tips Perawatan Motor Ini Sebelum Bepergian

Setelahnya, gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi. Apabila berhasil, langsung lakukan langkah nomor 5.

3. Filter atau Saringan Udara

Saringan udara tidak boleh terkena air. "Cek filter karburator atau injektor. Apabila di dalamnya terdapat banyak air, hal wajar bila motor tak bisa menyala dan coba keringkan dan diamkan sejenak, lakukan secara berulang," ujar pria berbadan subur itu.

4. Saluran Knalpot

Knalpot sebagai sarana pembuangan gas juga wajib terhindar dari air. Apabila pengendara tiba–tiba mengurangi gas ditengah banjir, knalpot dengan otomatis menghisap air di sekitarnya.

Baca juga: 3 Fotografer Ini Beberkan Tips Motret Motor

"Utamanya ketika putaran mesin menurun. Hal ini menjadi salah satu penyebab motor mogok. Solusi mengatasi hal ini yakni standar tengah motor, dan posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya," pungkasnya.

5. Panaskan Motor

Setelah menemukan penyebabnya, jangan lupa diamkan beberapa saat mesin motor setelah menyala. "Untuk menyalakan gunakan kick starter saat kontak dalam posisi off. Gunakan manual starter atau kick starter beberapa kali, dan nyalakan kontak motormu," jelas Budi.

"Jika mesin motor telah dipicu selama beberapa kali, maka dengan sedikit sentuhan dari kick starter motor akan menyala kembali, tidak perlu digeber di putaran tinggi karena hanya akan merusak mesin, lakukan secara normal saja, tunggu sampai putaran mesin kembali stabil agar bisa digunakan kembali," imbuhnya.