Jangan Salah Pilih Kaca Film Mobil, Ini Penjelasannya

Jangan Salah Pilih Kaca Film Mobil, ini Penjelasannya

KabarOto.com – Selain faktor kabin yang bersih fungsional, faktor kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil juga ditentukan oleh jenis kaca film yang digunakan.

Pemilihan jenis kaca film untuk mobil tidak sembarangan. Jenis dan tingkat kegelapan yang dihasilkan pun memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Nah, Iwan Udaya, Presdir PT Krisant Pundimas Sejahtera selaku distributor tunggal merek kaca film Wincos yang berasal dari Jepang memberikan beberapa informasi untuk menentukan pilihan kaca film yang tepat.

Baca Juga : Sebegini Tingkat Ketebalan Kaca Film Yang Ideal

Dalam memilih kaca film yang harus diperhatikan pertama kali adalah fungsi kaca filmnya. Karena kaca film sendiri memiliki banyak fungsi dan varian. Jika yang dicari untuk perlindungan panas dari matahari, carilah kaca film yang memiliki tolak panas yang baik atau tolak inframerah di atas 90%.

Iwan Udaya memaparkan, untuk pemilihan kaca film jangan asal pilih tingkat kegelapannya, untuk bagian depan disarankan menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 20% hingga 50%, karena fokus pada pandangan ke depan lebih nyaman ketika keadaan kurang cahaya. Sedangkan, untuk samping dan belakang masih aman menggunakan kaca film dengan kegelapan 80%.

Setelah menentukan pilihan kaca film, untuk perawatannya sendiri cukup bersihkan dengan air bersih saja jika ada noda yang menempel. Hindari menggunakan bahan kimia, yang di khawatirkan dapat merusak kaca film tersebut.

Baca Juga : Perhatikan Ini Supaya Kaca Film Tidak Mudah Rusak

Umumnya kaca film di ganti setiap 5 tahun penggunaan. Namun kalau kaca film Wincos berbeda, karena ketahanannya yang baik, "Kaca film Wincos bisa diganti dalam durasi lebih lama yakni 7 hingga 10 tahun, tergantung dari perawatannya,” tambah Iwan Udaya.

Sebagai informasi, kaca film Wincos yang paling paling diminati adalah HCD 3G yakni kaca film Wincos Premium dengan kegelapan 80% dengan persentasi cahaya yang masuk hanya 3% saja.

Kaca film tipe tersebut cocok untuk bagian kaca samping dan belakang mobil. Namun Wincos juga punya tipe kaca film dengan kegelapan 50% yakni HCD 20G, tipe kaca film ini sering juga diminati untuk di kaca depan, "Karena lebih gelap dari yang 40% namun lebih terang dari yang 60%,” pungkas Iwan Udaya.