POPULAR STORIES

Sebegini Tingkat Ketebalan Kaca Film Yang Ideal

Sebegini Tingkat Ketebalan Kaca Film yang Ideal Kaca film berfungsi untuk melindungi kabin dari panas matahari

KabarOto.com - Kaca film, keberadaannya di mobil sangat penting. Fungsinya menangkal panas dari luar, sehingga penumpang di kabin mobil nyaman selama perjalanan. Selain itu, fungsi lainnya adalah dapat menghambat pecahnya kaca saat terjadi tindak kriminal di jalan.

Banyak pengguna mobil yang asal memilih kaca film mobil, asal gelap dan tidak terpapar sinar matahari, mereka rela merogoh kocek agar keluarga nyaman selama berada di kabin.

Baca Juga: Perhatikan Ini Supaya Kaca Film Tidak Mudah Rusak

Namun ternyata, kaca film ada ukuran standar yang harus diperhatikan. berapa persen tingkat kegelapan kaca film yang ideal untuk sebuah mobil?

David Kurniawan, Sales Manager PT Krisant Pundimas Sejahtera, distributor kaca film Wincos mengatakan, idealnya untuk kaca depan tingkat kegelapannya sekitar 20%.

"Kalau untuk depan biasanya 20%, 40% juga masih standar, gak terlalu gelap kalau malam," terangnya kepada KabarOto.

Selanjutnya, untuk kaca film bagian samping, tingkat kegelapan yang standar adalah 40% sampai dengan 60%. "Kalau untuk kaca samping tingkat ketebalannya 60% bisa juga sampai 80% biar lebih nyaman," tambahnya.

Bagaimana untuk kaca belakang, David menyarankan untuk memasang ketebalan kaca film di tingat 60% saja maksimal. Karena jika terlalu tebal, ada mobil dari belakang bisa samar.

Baca Juga: Bikin Nyaman Kabin Mobil, Ini Harga Kaca Film Ionic Wealthy

"Kalau terlalu tebal kan misal 80% saat malam hari atau hujan ada mobil di belakang tidak terlihat jelas," tambahnya. Ia pun memita kepada para pemilik mobil untuk bijksana memilih tingkat ketebalan kaca film, agar selalu aman setiap saat.

Sedikit informasi, Wincos saat ini menjadi kaca film Original Equipment Manufacturer (OEM) Honda Brio. Untuk bisa digunakan sebagai kaca film mobil Honda terlaris itu, ada beberapa pengujian.

Salah satunya adalah kualitas bahan dan tingkat keawetan. Mereka harus melakukan berbagai pengujian yang ketat, untuk bisa digunakan oleh produsen mobil dari Jepang itu.