POPULAR STORIES

Jangan Tinggalkan Barang Ini Ketika Mobil Terparkir Dalam Waktu Yang Lama

Jangan Tinggalkan Barang Ini Ketika Mobil Terparkir Dalam Waktu yang Lama Ilustrasi interior mobil (KO/Edo)

KabarOto.com - Kondisi pandemi seperti saat ini, tentunya membuat Sobat KabarOto lebih banyak menghabiskan waktu #DiRumahAja, sehingga mobil kesayangan menjadi jarang digunakan.

Nah, ketika mobil jarang digunakan ini, ada hal yang harus diperhatikan terutama soal barang-barang yang disimpan di dalam mobil.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Aki Mobil Ala Mitsubishi

Sobat harus waspada, sebab bisa saja barang-barang tersebut malah menimbulkan potensi bahaya, seperti kebakaran. Makin berisiko, ketika mobil yang diparkir terkena sinar matahari langsung.

Menghindari potensi bahaya tersebut, Mitsubishi memberikan tips untuk memastikan beberapa benda di bawah ini, tidak ditinggalkan di dalam kabin, apalagi ketika parkir dalam waktu yang cukup lama.

Powerbank dan alat elektronik

Di zaman sekarang kebanyakan orang pasti memiliki barang ini. Ya, powerbank atau alat penambah daya ini sudah seperti barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat modern.

Tujuannya tentu untuk menambah daya baterai smartphone atau alat elektronik lainnya. Namun, jangan tinggalkan powerbank di dalam mobil apalagi ada risiko terkena sinar matahari langsung.

Ilustrasi powerbank

Pasalnya, powerbank atau barang elektronik lain yang menggunakan baterai Lithium-ion, jika disimpan di dalam kabin mobil, dapat berbahaya ketika terkena panas berlebih.

Baterai tersebut dapat mengembang, bahkan jika mencapai tingkatan panas tertentu bisa meledak. Jadi, pastikan untuk menurunkan powerbank dan alat elektronik lain ini dari dalam mobil ya.

Korek api gas

Ini adalah barang yang akrab dengan para perokok dan biasanya selalu ada di dalam mobil. Padahal, benda yang satu ini sangat berbahaya jika ditinggal di mobil, karena korek api gas ini bisa meledak jika terkena panas berlebih.

Bahan bakar gas dengan wadah berbahan plastik, jika terkena panas akan meningkatkan tekanan gas dan melelehkan plastiknya.

Jika suhu dalam kabin mobil mencapai 38 derajat celcius, korek gas dapat meledak. Oleh karena itu, pastikan korek api gas tidak ditinggal di dalam kabin mobil.

Kacamata bisa diletakkan di tempat yang aman

Kacamata

Kacamata merupakan barang yang biasa ada di dalam mobil, terutama kacamata hitam. Namun ternyata, barang ini juga bisa berbahaya jika ditinggal di kabin mobil.

Apalagi kalau sobat meletakkannya di atas dasbor mobil. Sebab, kacamata memiliki sifat yang sama dengan kaca pembesar. Di bagian tertentu, kacamata dapat menciptakan titik api ketika terkena cahaya matahari.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Mewah Dengan Harga Paling Mahal Di Dunia

Titik api ini, dapat menyambar ke bagian lainnya yang mudah terbakar, seperti bahan yang terbuat dari plastik atau karet. Lebih baik jika ada kacamata di mobil, Anda letakkan di tempat penyimpanan khusus kacamata ya.

Botol minum plastik

Barang ini, juga biasa ada di dalam kabin mobil dan selalu ditinggal, ketika keluar dari mobil. Ternyata, botol minum kemasan plastik ini bisa berbahaya jika berada di dalam kabin dan terkena sorot sinar matahari.

Sebab, botol plastik ini akan menyerap panas yang diberikan oleh sinar matahari, dan dalam waktu lama dapat berbahaya bagi kesehatan, karena terdapat dioksin yang dihasilkan dari botol tersebut.