POPULAR STORIES

JCB Fastrac Two, Traktor Terkencang Di Dunia

JCB Fastrac Two, Traktor Terkencang di Dunia sumber : Autocar.co.uk

KabarOto.com – Sebuah traktor bisanya hanya digunakan untuk membantu di area persawahan, atau dalam pekerjaan berat, tanpa memikirkan performa mesin kencang dan sebagainya. Tapi bagaimana kalau ada rekor traktor tercepat di dunia?

Ternyata ada loh traktor dengan performa tinggi, dibuat oleh JCB dengan nama Fastrac Two. Berbeda dari traktor pada umumnya, Fastrac dibuat dengan desain bodi lebih mengkurva dan dinamis demi mengalirkan angin lebih baik dan meminimalkan hambatan udara, serta memaksimalkan suplai ke ruang mesin dan mendinginkan radiator.

Baca Juga : Koenigsegg Regera Pecahkan Rekor Dunia

Pasalnya mesin yang digunakan juga sangat besar, yakni JCB Dieselmax 7.200 cc, 6 silinder turbocharger. Output tenaganya sendiri mencapai 1016 dk pada 3.150 rpm, dan torsi maksimalnya mencapai 2.500 Nm. Disambung ke transmisi ZF H-Patern. Hasilnya, Fastrac mampu digeber hingga kecepatan maksimal 247 kpj.

Traktor ini dikendarai oleh Guy Martin, seorang mekanik sekaligus pembalap motor. Kecepatan yang diraihnya untuk memecahkan rekor dunia adalah 217 kpj. Torehan tersebut mematahkan rekor sebelumnya dengan 166 kpj yang dihasilkan oleh The Stig dari Top Gear. Memang tidak mencapai kecepatan maksimalnya, namun sudah melampaui rekor sebelumnya kok. Tes ini dilakukan pada 23 Oktober 2019 di Elvington Airfield, Inggris.

Baca Juga : Renault Megane RS Trophy-R Berhasil Pecahkan Rekor Di Sirkuit Suzuka

Sekaligus, menempatkan Fastrac Two sebagai traktor terkencang di dunia yang tercatat di Guiness Wolrd Record tahun ini.

Keren banget kan sob!