POPULAR STORIES

Jelang F1 Inggris 2020: Latihan Hari Pertama Dikuasai Mercedes

Jelang F1 Inggris 2020: Latihan Hari Pertama Dikuasai Mercedes

KabarOto.com - Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas F1 Team) mengakui awali pekan balap yang baik di F1 Inggris untuk pekan kedua di sirkuit Silverstone, Jumat (7/8).

Saat latihan bebas pertama pagi hari (FP1), Hamilton bersaing ketat dengan rekan setim, Valtteri Bottas. Namun saat petang hari (FP2) berhasil menjadi pembalap tercepat putari sirkuit Silverstone. Mobil bernomor 44 yang dikendarai Hamilton bubuhkan 1:25,606 detik di catatan waktu.

Baca juga: Ini Alasan Pirelli Batalkan Uji Coba Ban Baru di F1 Inggris

Hamilton mengakui hasil tercepat tersebut berkat banyak data yang diolah atas kemenangan pekan lalu di sirkuit Silvestone. Hanya sedikit ubahan, sehingga bisa langsung ada kemajuan positif.



Begitu juga dengan penggunaan ban kompon lunak dan medium nyaris tak ada perbedaan di catatan waktu. "Kita menemui panas berlebih di ban, jadi hal ini harus ditangani untuk hasil bagus."

Drama menegangkan pekan lalu, finis dengan ban kiri yang rusak membuat Hamilton mewaspadai hal tersebut tak terjadi lagi. Tapi dirinya juga memerhatikan sepak terjang rekan setimnya, namun tak tereksekusi baik. Valtteri alami pecah ban kiri, jelang dua lap finis.



"Valtteri begitu kuat dan kita sudah menyaksikan pekan kemarin, tapi apapun bisa terjadi di Fomula 1," pungkas Hamilton.

Adapun Bottas mengambil kegagalan pekan kemarin sebagai pembelajaran, meski angin podium sudah di depan mata. Melihat hasil awali pekan balap F1 Inggris kali ini, dirinya sudah seperti melupakan kejadian pecah ban jelang finis.

Baca juga: Robert Kubica akan Tampil di Sirkuit Silverstone, Balapan?

"Mobil lebih nyaman berbanding saat balapan ataupun kualifikasi, jadi keseimbangan mobil sudah bagus," ujar pembalap bernomor 77 ini.



Komentar Bottas soal kemampuan ban sepertinya sama dengan apa yang diungkapkan Hamilton. "Tak ada perbedaan yang mencolok antara kompon medium dan lunak ketika melaju kencang satu lap."

Ban kompon lunak terkendala saat tikungan cepat, terutama di temperatur panas dan bila melaju dengan bahan bakar penuh.

"Kita lihat apa yang dilakukan terhadap penyempurnaan mobil dan memastikan semua sesuai rencana untuk kualifikasi. Pastinya akan menyenangkan hasilnya," pungkas Bottas.