POPULAR STORIES

Jelang F1 Inggris, Sergio Perez Start Dari Pit Lane Hingga George Russel Kena Hukuman

Jelang F1 Inggris, Sergio Perez Start dari Pit Lane Hingga George Russel Kena Hukuman

KabarOto.com - Sergio Perez mendapat pengalaman buruk di sesi Sprint Race Formula 1 perdana. Pembalap Meksiko itu memulai balapan dengan posisi baik, yakni posisi 5. Namun ia melakukannya kesalahan sehingga keluar dari Chapel pada Lap 5 dan menabrak dinding pembatas. Membuatnya gagal menyelesaikan Sprint Race.

Tidak sampai disana, selain sial di Sprint Race, Perez juga harus start pit lane pada balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris. Walau Max Verstappen akan memulai F1 Inggris dari posisi terdepan dibayangi pasangan duet Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di belakangnya.

Baca juga: Galeri Tampilan Mobil F1 2022, Mana Favoritmu?

Perez harus mengganti perangkat elektronik kontrol baru dan penyimpanan energi untuk balapan balapan F1 Inggris. Perubahan itu saja sudah mengharuskannya start dari belakang. Namun Red Bull Racing juga terpaksa mengubah sayap belakang, pengaturan suspensinya dan pendinginan rem depan, Perez sekarang akan diminta untuk memulai dari pit lane.

“Sulit setelah hari-hari seperti hari ini. Tapi besok adalah hari baru dan kesempatan baru untuk mencari tahu apa yang bisa kita lakukan dengan lebih baik,” ujar Perez setelah sesi Sprint Race.

"Komponen itu sudah diganti dengan persetujuan dari delegasi teknis FIA menyusul permintaan tertulis dari tim yang bersangkutan. Hal ini sesuai dengan Pasal 34.2 dalam Regulasi Formula 1 2021. Tetapi karena perakitan sayap belakang berbeda dari yang awalnya digunakan dan juga perubahan telah dilakukan pada pengaturan suspensi dan pendinginan rem depan (dengan persetujuan delegasi teknis FIA setelah permintaan tertulis), mobil nomor 11 sekarang harus diminta untuk start dari pit lane sesuai dengan Pasal 34.8b dalam Regulasi Olahraga Formula 1 2021.” ujar pernyataan resmi.

Sementara pembalap George Russell untuk start dalam urutan 10 besar di Inggris harus pupus setelah terkena penalti tiga grid karena insidennya dengan pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz.

Russel dan Sainz datang bersamaan di tikungan 6 pada Lap 1 Sprint Race. Russell melakukan kontak dengan pembalap Spanyol itu, yang berada di sisi luarnya. Mengakibatkan Sainz ke harus keluar trek, tapi ia bisa bergabung kembali dan melanjutkan balapan, meskipun posisinya jatuh ke 11.

Baca juga: Hasil Sprint Race F1 Inggris 2021, Max Verstappen Menang Perdana

Putusan Steward mengatakan, “Mobil 63 (Russell) dan 55 (Sainz) mendekati belokan 6 dengan Mobil 63 di dalam, di tengah lintasan, dan Mobil 55 di luar. Mobil 63 mengunci rem depan sebentar dan kemudian understeer menuju tepi lintasan dan keluar belokan dan mendekati Mobil 55, yang terpaksa keluar dari sirkuit dan masuk ke rumput. Mobil 63 dinilai bersalah atas insiden tersebut.”

Penalti Russell berarti ia akan memulai sementara di posisi ke-12 untuk Grand Prix Inggris, sementara Sainz tidak diberi penalti setelah ia juga dipanggil dan dinilai berpotensi membahayakan pembalap lain setelah ia kembali bergabung ke trek dengan cara yang tidak aman.

Steward mengatakan “Pengemudi Mobil 55 menggambarkan tindakan yang dia ambil untuk mengurangi kecepatan mobil agar dapat bergabung kembali dengan aman dan mengurangi situasi yang berpotensi berbahaya. Petugas memeriksa video dan data telemetri dan tidak menemukan bukti konklusif bahwa pengemudi Mobil 55 tidak mengambil tindakan yang cukup untuk menghindari situasi tersebut.”

Ini posisi start F1 Inggris: