POPULAR STORIES

Jelang MotoGP Austria 2021, Dasboard Message Diperbarui

Jelang MotoGP Austria 2021, Dasboard Message Diperbarui Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Menjelang MotoGP Austria 2021 akhir pekan ini, pihak penyelenggara akan menghadirkan dua dasboard message baru.

Dasboard message baru ini hadir karena insiden baju balap terbuka yang dialami Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di Catalunya. Pilihan pertama yaitu merupakan pesan yang mengomunikasikan masalah peralatan pembalap, seperti wearpack, sarung tangan, sepatu hingga helm.

Baca juga: Raul Fernandez Ke MotoGP, Bos Tech3: Ada Pergerakan Di Balik Layar

Opsi kedua yaitu memberi peringatan tentang perilaku pembalap saat berada di lintasan. Opsi ini muncul usai adanya permintaan dari pihak FIM MotoGP Steward Panel.

Insiden wearpack Quartararo di GP Catalunya

Dalam beberapa tahun terakhir, dasboard message berfungsi untuk mengirim pesan dari Race Direction kepada pembalap, seperti bendera dan informasi penalti. Namun, usai insiden wearpack Quartararo di Catalunya menjadi bukti bahwa belum ada pesan untuk memberi tahu soal malfungsi wearpack.

“Tidak ada sinyal yang tepat. Kami memiliki pemberitahuan soal kerusakan mekanis pada motor, diskualifikasi dan hal-hal seperti itu. Tetapi, kami telah memutuskan usai kejadian ini kami membtuhkan pemberitahuan khusus tentang peralatan pembalap. Karena itu berbeda dengan kegagalan mekanis motor, di mana jika ada koebocoran oli, air atau sesuatu motor harus segera keluar dari trek,” ungkap Mike Webb selaku Race Director MotoGP.

Contoh peringatan yang muncul

Mengacu pada kasus El Diablo, dasboard message pun diperbarui dengan menambahkan peringatan baru yang mampu menunjukkan perihal masalah pada peralatan yang dipakai pembalap. Selain itu, ada peringatan juga mengenai perilaku rider.

Baca juga: Perangkat Holeshot di MotoGP Alasan Motor Lebih Kompetitif

“Jadi, ada tampilan baru di dasboard yang disebut peringatan dan ini khusus tentang perilaku rider. Sinyal peringatan ini akan mengatakan kepada pembalap ‘Apa yang Anda lalukan, kami tidak menyukainya. Perhatikan dan jika Anda melanjurkannya anda bisa terkena penalti’. Itulah dua pesan baru untuk meningkatkan komunikasi antara Race Direction dengan pembalap," lanjut Mike Webb.

Lantas, mengapa pembaruan dasboard message baru dilakukan sekarang. Webb menambahkan untuk peningkatan perangkat ini membutuhkan waktu dari pihak produsen dan motor yang harus menyesuaikan dengan sistem mereka serta ketepatan waktu untuk mengirim pesan.

Jika Sobat belum tahu, dasboard message ini juga berfungsi mengirimkan informasi posisi rival dan perintah untuk masuk ke paddock jika ada kerusakan.