Jelang MotoGP Doha 2021: Valentino Rossi Malah Melorot

Jelang MotoGP Doha 2021: Valentino Rossi Malah Melorot

KabarOto.com - Valentino Rossi (Petronas Yamaha Sepang Racing Team), bersiap hadapi MotoGP Doha 2021 ternyata tak semulus dikira. Pekan ini di sirkuit yang sama saatg sesi latihan FP2 hanya bisa bertengger posisi 14, Jumat (2/4).

Padahal menurut pembalap Italia tersebut, pekan lalu di sesi FP2 posisinya bisa di 9 tercepat bukukan waktu 1:53,874 detik. Malahan tadi malam hanya bisa torehkan waktu 1:54,112 detik.

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP 2021: Maverick Vinales Unggul

"Hari ini saya terkendala dengan cengkeraman ban belakang, ketika putari sirkuit lebih lama di awal sesi, terasa kian lambat," keluh Rossi.

Adapun strategi yang diharapkan dari pemilik nomor 46 ini adalah menjaga konsistensi usia ban dan hal ini sangat penting untuk hadapi race 2, Minggu malam ini (4/4).

Sementara itu untuk time attack diakui Rossi di sisa sesi latihan, laju motor cukup menjanjikan. "Tapi nyatanya tak cukup untuk bisa masuk sepuluh besar."



Sesi latihan hari Sabtu (3/3) akan dimanfaatkan oleh Rossi untuk menyempurnakan cengkeraman ban belakang.

"Tapi sepertinya di FP3 akan lebih sulit untuk sempurnakan catatan waktu, sehingga kita perlu konsentrasi di laju motor dan mencoba incar dua terbaik di Q1. Kita lihat apa yang terjadi," sahut pembalap berusia 42 tahun ini.

Rekan setim Rossi yakni Franco Morbidelli, berada di posisi tujuh tercepat. Catatan waktu membesut Yamaha YZR-M1 1:53,699 detik. Juga sedikit lebih lambat berbanding sesi pekan lalu.



Nyatanya diungkapkan Morbidelli bahwa dirinya terkendala dengan kedua motor saat FP1, namun tidak terlalu besar pengaruhnya. "Kita memutuskan mengganti satu mesin utuh sepanjang malam, tapi tak ada mesin yang rusak sehingga disimpan untuk digunakan lagi; kita harus tahu di mana masalahnya."

Baca juga: Ini Jadwal MotoGP Doha 2021

Keseimbangan motor sudah didapatkan namun dirinya merasakan motor masih belum sempurna terutama saat malam hari. "Kita harus mengubah banyak di motor hari ini, menyempurnakan agar siap balapan Minggu ini."

Pengguna nomor 21 ini sangat yakin sudah alami perkembangan sesuai lajurnya dan bisa melakukan penyempurnaan untuk meningkatkan potensi motor lebih baik.