Jelang MotoGP Jerman 2021: Marc Marquez Gunakan Aero Fairing Baru

Jelang MotoGP Jerman 2021: Marc Marquez Gunakan Aero Fairing Baru

KabarOto.com – Tiga seri terakhir tanpa finis, tentunya membuat Marc Marquez (Repsol Honda) frustasi, apalagi di klasemen MotoGP 2021, Juara Dunia delapan kali ini, hanya bertengger di posisi 18 dengan 16 poin.

Berbagai cara dilakukan agar pembalap Spanyol bernomor 93 ini bisa melesat tanpa alami insiden, apalagi Marquez masih dalam pengawasan kesehatan pasca cidera lengannya.

Di MotoGP Jerman kali ini, Marquez sepertinya membawa beban berat sebagai King of Sachsenring. Dirinya kuasai sirkuit Sachsenring sejak tahun 2010 ketika masih di kelas 125 cc, hingga terakhir tahun 2019. Yup, start dari Pole Position dan finis di podium kemenangan.

Baca Juga : Sirkuit Sachsenring Bisa Untungkan Marc Marquez, Siap Raih Podium?

Saat sesi latihan bebas pertama GP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring menjadi momen bagi Marc Marquez (Repsol Honda) untuk membandingkan aero fairing di Honda RC213V. Setidaknya bisa memposisikan motor lebih baik melawan kondisi fisik.

"Kita berusaha memahami banyak hal dengan motor berbanding setelan ketika selalu menang di sini. Laju motor sangat bagus tapi masih belum yang terbaik di sirkuit sejauh ini," ujar Marquez.

Pembalap andalan tim Repsol Honda itu menjadi tercepat pada sesi FP1, Jumat (18/6), dengan torehan waktu 1:21,660 detik alias unggul 0,168 detik dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Tidak hanya catatan waktu, ada hal lain yang mencuri perhatian yaitu penggunaan aero fairing baru di Honda RC213V milik Marquez.

Aero Fairing baru

Berdasarkan regulasi, semua pembalap harus melakukan homologasi satu set aerodinamika di awal musim dan selama sisa tahun mereka berhak mendapatkan pembaruan. Dan, bisa memakai homologasi kedua dan seterusnya.

Sekilas, aero fairing baru ini terlihat lebih membulat dengan posisi lebih rendah dari sebelumnya. Di model sebelumnya, bentuknya lebih persegi dan sisinya dipotong lurus, sedangkan yang baru ini memiliki bentuk lebih oval.

Sebelum Jerman, pembalap bernomor 93 itu sudah mencoba aero fairing ini saat sesi tes Jerez bersama dengan Stefan Bradl selaku tes rider Honda.

Bentuk fairing dilakukan di tes Jerez 2018 oleh Marc Marquez

Sejauh ini, hanya Marquez yang memakai perangkat baru itu. Sementara rekannya, Pol Espargaro masih menggunakan model lama dan akhirnya memakai paket aerodinamika hari Sabtu. Sementara dengan duo rider LCR Honda, Takaaki Nakagami dan Alex Marquez. Ada kemungkinan, bahwa pihak Honda Racing Corporation (HRC) mampu memproduksi aero fairing baru dalam jumlah kecil, sehingga para rider Honda lainnya harus menunggu.

Baca Juga : Tim Ducati Yakin Bisa Raih Podium Di MotoGP Jerman 2021

Pol Espargaro masih menggunakan aero fairing lama

“Katakanlah tidak mungkin semua orang ingin memakai hal yang sama dan itu bisa dilakukan oleh tiap pembalap. Kami telah melakukan homologasi (aero fairing) hanya untuk Marc saat ini,” ungkap Alberto Puig selaku Team Manager Repsol Honda.

Jika para pembalap tim berlogo sayap tunggal itu masih memiliki opsi untuk menggunakan aero fairing baru harus menemui masalah baru saat membawa motor mereka di trek.