POPULAR STORIES

Sirkuit Sachsenring Bisa Untungkan Marc Marquez, Siap Raih Podium?

Sirkuit Sachsenring Bisa Untungkan Marc Marquez, Siap Raih Podium? Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez dikenal sebagai rajanya Sirkuit Sachsenring, Jerman. Setelah Catalunya, seluruh tim dan pembalap beralih Sanchering pada 18-20 Juni akhir pekan ini.

Tentu, Sirkuit yang berlokasi di Jerman ini kembali tayang usai batal digelar musim lalu akibat pandemik Covid-19. Oh iya, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) masih memimpin klasemen walaupun kehilangan podium di Catalunya akibat dua penalti.

Baca Juga : Tim Ducati Yakin Bisa Raih Podium Di MotoGP Jerman 2021

Melihat hasil podium sebelumnya, Johann Zarco (Pramac Racing) dan Jack Miller (Ducati Lenovo) menjadi ancaman utama bagi El Diablo. Selain itu, dirinya harus mewaspadai kebangkitan Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan Marc Marquez yang dikenal sebagai rajanya Sirkuit Sanchering.

Pasalnya, Sirkuit ini menjadi teritori kekuasaan Juara Dunia delapan kali tersebut sejak 2010. Pembalap bernomor 93 itu menangi lomba kelas 125cc di Sachsenring pada 2010. Pada tahun 2011 dan 2012, kampiun Moto2 2012 itu mampu memenangi balapan di sirkuit yang sama.

Di kelas MotoGP, Marquez tidak terkalahkan sejak 2013 hingga 2019. Hanya pada 2015 saja ia menang di Sachsenring namun tidak berujung gelar juara dunia MotoGP 2015. Selama karirnya, pembalap julukan The Baby Alien itu hanya satu kali tidak mampu finis podium pada 2009 usai kecelakaan.

Baca Juga : Tes GP Catalunya 2021 Menjadi Persiapan Suzuki Hadapi Seri Jerman

Layout Sirkuit Sanchering

Musim 2020, Marquez terpaksa absen panjang karena kecelakaan patah lengan kanan dan GP Jerman 2020 juga dibatalkan akibat pandemik Covid-19. Saat ini, kondisi lengan MM93 itu belum kembali sempurna seperti dulu. Walaupun begitu, Sirkuit dengan panjang trek 3,7 km itu memiliki 10 tikungan kiri dan 3 tikungan kanan. Bisa dibilang, tangan kanan tidak menjadi halangannya untuk menahan beban Honda RC213V saat menikung.

“Saya berharap layout Sachsenring membuat kami sedikit kompetitif, melihat kondisi fisik saya saat ini. Tentu, posisi saya tahun ini berbeda dibanding sebelumnya. Usai tes di Barcelona dua pekan lalu, saya lebih mengisi waktu sisa waktu saya untuk pemulihan,” ungkap Marc Marquez.