POPULAR STORIES

Jelang MotoGP Portugal 2023, Aleix Espargaro Jalani Pemulihan Usai Operasi

Jelang MotoGP Portugal 2023, Aleix Espargaro Jalani Pemulihan Usai Operasi Aleix Espargaro saat menjalani tes pramusim MotoGP Portugal 2023 (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro sukses menjalani operasi pada Selasa (14/03). Operasi ini untuk mengatasi nyeri yang dirasakan pada lengan kanan saat menjalani tes pramusim MotoGP Portimao 2023.

Selama dua hari tes pramusim, Aleix mengeluhkan sakit pada lengan kanannya saat menjajal beberapa perangkat baru di Aprilia RS-GP. Tentu, guna membuat motor lebih kompetitif dirinya menjalani harus menjalani ratusan lap.

Baca juga: Aprilia Luncurkan Livery Terbaru Untuk Menghadapi MotoGP 2023

Tetapi, dirinya mengeluhkan rasa sakit pada bagian lengan. Awalnya, pembalap bernomor 41 itu diyakini menderita sindrom kompartemen yang biasa dialami para pembalap. Namun, setelah menjalani pemeriksaan mendalam oleh Dokter Xavier Mir, diketahui bahwa Aleix menderita fibrosis otot yang menyebabkan peradangan karena tekanan pada saraf median. Alhasil, membuat tangannya kehilangan kekuatan, solusi idealnya adalah melakukan operasi sebelum MotoGP 2023 dimulai.

“Pada prinsipnya tidak ada keraguan untuk balapan. Intervensi yang dijalani Aleix tidak terlalu menggangu jika dibandingkan dengan sindrom kompartemen. Aleix menjalani operasi pada lengan kanannya karena retraksi fibrotic pada fasia lengan bawah dengan kompresi saraf median,” ungkap Dokter Xavier Mir.

Kondisi Aleix Espargaro usai menjalani operasi (foto instagram/aleixespargaro)

Baca juga: Begini Reaksi Fabio Quartararo Usai Jajal Perangkat Baru Di Tes Pramusim MotoGP Portimao 2023

Sang dokter juga menambahkan, bahwa Aleix telah sukses menjalani operasi fasciotomy antebrachial dan pelepasan lengkung otot pronator teres dengan menggunakan teknik bedah mikro. Dalam waktu kurang dari dua minggu, pembalap asal Spanyol ini kemungkinan bisa cepat pulih dan memulai petualangannya di MotoGP 2023.

Sebelum memulai operasi, Aleix telah menyelesaikan dua hari tes di Portimao dengan 112 lap (60 dan 52) atau setara dengan 515 km. Dirinya berhasil membukukan catatan waktu terbaik 1:38.569 detik alias terpaut 0,6 detik dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).