POPULAR STORIES

Jelang Piala Dunia 2022, Qatar Bikin Mobil Listrik Bareng Pabrikan Tiongkok

Jelang Piala Dunia 2022, Qatar Bikin Mobil Listrik Bareng Pabrikan Tiongkok

KabarOto.com – Menjelang gelaran Piala Dunia 2022, Qatar bersiap untuk memproduksi ribuan unit bus listrik pada tahun yang sama, dan akan terus memproduksinya hingga 7 tahun mendatang.

Sebenarnya, kabar ini sudah terdengar sejak pihak Qatar Free Zone Authority (QFZA) menandatangani perjanjian kerja multilateral antara produsen bus asal Tiongkok dengan perusahaan transportasi umum milik Qatar bernama Mowasalat pada tahun lalu.

Baca Juga : Indonesia Siap Produksi Bus Listrik Berkapasitas 1.200 Unit

Dalam kerjasama tersebut, bus listrik yang diproduksi Yutong akan beroperasi di Qatar. Kabarnya, akan ada sekitar 1.002 unit yang akan diproduksi mulai akhir tahun 2022, dan sebanyak 741 unit bus dipersiapkan untuk ajang Piala Dunia 2022.

Fahad Saad Al-Qahtani, CEO Mowasalat menjelaskan pihaknya masih membutuhkan beberapa tahap lagi untuk memulai produksi bus listrik.

“Pertama-tama kami mempersiapkan kerangka kerjanya, kemudian dilanjutkan dengan membuat desain bus listrik ini,” ungkap Fahad.

Baca Juga : Lagi, Bus Listrik Tiongkok Mencoba Peruntungan Di Indonesia

Menurutnya, selain akan digunakan di Qatar. Bus listrik ini juga akan di eskpor berbagai Negara di Timur Tengah, Eropa, Amerika Selatan dan Afrika.

Sebagai informasi, saat gelaran Piala Dunia 2020, pemerintah Qatar bekerja untuk memastikan 25% rute bus di negaranya sudah menggunakan listrik. Kemudian, pada tahun 2030 seluruh transportasi publik akan menggunakan aliran listrik.

Berita Terkait

Berita Terkait