POPULAR STORIES

Jelang WSBK Ceko 2022, Pirelli Tidak Membawa Ban SCQ

Jelang WSBK Ceko 2022, Pirelli Tidak Membawa Ban SCQ Foto : Pirelli

KabarOto.com – Pemasok ban utama World Superbike (WSBK) 2022, Pirelli tidak membawa ban spesifikasi khusus untuk ajang WSBK Ceko akhir pekan ini.

Pabrikan ban asal Italia itu tidak akan membawa ban SCQ ekstra lunak yang biasa dipakai untuk sesi Superpole. Sebagai gantinya, mereka menyiapkan ban SC0. Pihak Pirelli tidak membawa ban SCQ karena aspal sirkuit Autodrom Most telah di aspal ulang.

Baca juga: Ryan Vickers Akan Turun Di WSBK Ceko 2022
Pirelli SCQ

Menurutnya, ban SCQ tidak cocok dengan karakter aspal baru tersebut. Ban SC0 memiliki kompon dan konstruksi berbeda yang berkode (B0624). Ban ini termasuk dalam tahap pengembangan untuk penggunaan musim-musim ke depan.

“Mengikuti pengembangan ban di Misano terhadap ban belakang SCX, upaya kami di sirkuit Most untuk fokus pada ban SC0. Ban ini memiliki spesifikasi baru bersamaan dengan ban lainnya. Ini adalah tahun kedua di mana kami balapan di sini. Jadi, dibanding tahun lalu, kami sudah memiliki sejumlah data untuk dasar pilihan kompon kami,” ungkap Giorgio Barbier selaku Direktur Pirelli Motorsport.

Baca juga: Berkat Perangkat Baru Ini, BMW Tampil Lebih Kompetitif Di WSBK Inggris 2022
Pirelli SC0

Sirkuit Autodrom Most memiliki panjang hingga 4,212 km dengan 21 tikungan yang baru saja direnovasi. Pihak penyelenggara telah memperlebar run-off, menambah drainase sepanjang 6 km serta melakukan pengaspalan ulang di beberapa sektor.

Aspal baru pada bagian trek lurus di bagian start/finis hingga chicane pertam dan beberapa ratus meter setelahnya. Adapun bagian kerb tikungan pertama dan kedua juga diganti. Permukaan aspal baru biasanya menawarkan daya cengkeram rendah dan cukup licin. Pastinya kondisi tersebut membuat para pembalap WSBK aakan sedikit kewalahan untuk beradaptasi.

“Tentu saja, trek telah berubah dalam beberapa titik. Aspal baru akan lebih agresif, karena itu kami memilih fokus pada solusi dengan membawa ban lunak tapi yang lebih kuat. Oleh karena itu, ban SCQ tidak akan cocok pada trek ini yang memiliki kompon yang sangat lunak,” tutup Barbier.