POPULAR STORIES

Jembatan Teluk Kendari Persingkat Waktu Tempuh Kota Lama-Poasia Menjadi 5 Menit

Jembatan Teluk Kendari Persingkat Waktu Tempuh Kota Lama-Poasia Menjadi 5 Menit Jembatan Teluk Kendari

KabarOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dikabarkan tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 Km yang menghubungkan kawasan Pelabuhan Kota Lama dengan Kecamatan Poasia di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pembangunan jembatan bertujuan untuk mendukung konektivitas bagi pengembangan wilayah selatan Kota Kendari yakni daerah Poasia dan Pulau Bungkutoko yang akan dikembangkan menjadi kawasan industri, Pelabuhan Kendari New Port, dan kawasan permukiman baru.

Baca Juga: Honda Civic Type R Limited Edition, Lebih Fokus Ke Sirkuit

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien.
Tingkatkan konektivitas
Adanya konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpas akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Basuki.

Selain mendukung aksesibilitas pelabuhan baru, Jembatan Teluk Kendari juga akan meningkatkan konektivitas jalan nasional dan jalan lingkar luar (Outer Ring Road) Kota Kendari.

Baca Juga: Menikmati Karya Akira Nakai Pada Porsche RWB 08

Bila telah selesai, Jembatan Teluk Kendari juga akan mempermudah akses masyarakat yang berada di kawasan Kota Lama atau Poasia yang selama ini dipisahkan oleh Teluk.

Sebelumnya, masyarakat harus menyeberangi Teluk Kendari dengan menggunakan kapal ferry atau memutari teluk sejauh 20 km dengan waktu tempuh 30-35 menit. "Dengan adanya Jembatan Teluk Kendari maka jarak semakin dekat dan waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 5 menit," pungkas Basuki.