POPULAR STORIES

Johannes Loman: Krisis Chip Semikonduktor Sepeda Motor Sudah Teratasi

Johannes Loman: Krisis Chip Semikonduktor Sepeda Motor Sudah Teratasi Kipli

KabarOto.com - Sudah berlarut-larut masalah kelangkaan atau krisis chip semikonduktor melanda dunia otomotif, khususnya bagian produksi.

Tak hanya melanda roda empat, krisis chip semikonduktor yang sangat krusial sebagai bahan baku utama produksi kendaraan juga menyasar roda dua.

Kondisi ini sudah berangsur sejak awal pandemi, tepatnya tahun 2020 silam, saat produksi dan suplai terhambat akibat pembatasan aktivitas.

Baca Juga: Masalah Dan Cara Perawatan Radiator Sepeda Motor, Yuk Simak

Kini, chip semikonduktor, khususnya untuk roda dua diklaim Johannes Loman selaku Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), berangsur pulih dan cenderung normal.

Hal tersebut disampaikan dirinya dihadapan para wartawan pada kesempatan konferensi pers Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, di kawasan Jakarta Pusat (11/10).

Baca Juga: Target 5,4 Juta Sepeda Motor Diyakini Tercapai Lewat Penyelenggaraan IMOS 2022

“Saya kira permasalahan chip sudah bisa diatasi oleh member kita, kan kalau kita lihat sejak Agustus dan September yaitu total marketnya kan sekitar 500 ribuan. Jadi menurut saya sih harusnya selesai (krisis)," ujarnya.

Menurutnya, di atas kertas, kondisi tersebut sudah pulih. "Normal ya, tapi itu kan tergantung kondisi dunia, bukan hanya Indonesia. Ya, mudah-mudahan aman semuanya," tandasnya.

Ia menyebutkan, tipe-tipe tertentu yang memang jumlahnya tak banyak, misalnya yang tipe 1.000 cc atau 750 cc itu kemungkinan inden pasti masih ada.