Jok Bermasalah, Ribuan Porsche Taycan Ditarik Kembali

Jok Bermasalah, Ribuan Porsche Taycan Ditarik Kembali Recall Porsche Taycan (Foto: Porsche)

KabarOto.com - Memproduksi sebuah mobil memang diperlukan ketelitian. Penarikan produk yang dilakukan oleh Porsche menjadi bukti, di mana kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal pada keselamatan penumpangnya.

Menurut dokumen yang diterbitkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, Porsche menarik sebanyak 9.570 kendaraan listrik Taycan karena masalah di kursi. Mobil listrik yang dimaksud diproduksi antara 2 Oktober 2019 hingga 18 Mei 2021.

Baca juga: Porsche Gandeng Group14 Kembangkan Baterai Mobil Listrik Performa Tinggi

Masalah tersebut berkaitan dengan wiring harness di kursi pengemudi dan penumpang depan, yang dapat menjadi rusak saat penumpang menyesuaikan kursi maju mundur. Pada dasarnya, selubung kain di sekitar wiring harness dapat ditarik ke dalam poros penggerak penyetel kursi, dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan kerusakan.

Jok mobil Porsche

Sayangnya, komponen tersebut menjalankan banyak sistem dan jika rusak, berpotensi menyebabkan sistem penahan tambahan tidak berfungsi atau dinonaktifkan. Pemilik mobil akan diberi tahu tentang kerusakan melalui lampu peringatan airbag merah, tetapi jika mobil mengalami kecelakaan setelah kerusakan terjadi, penumpang kursi depan memiliki risiko cedera yang lebih besar.

Baca juga: Bos Volkswagen Konfirmasi Audi/Porsche Gabung F1 2026

Untungnya, ini adalah masalah yang diketahui Porsche sebelum kecelakaan dan mengakibatkan korban jiwa. Jadi pabrikan asal Jerman ini akan memperbaikinya sebagai tindakan pencegahan. Perusahaan berencana untuk mulai menginformasikan kepada pelanggan pada 24 Juni dan mereka akan diminta untuk membawa kendaraannya untuk diperiksa.

Jika perlu, teknisi Porsche akan menambahkan lebih banyak pita kain untuk mengamankan wiring harness di bawah kursi dan mencegah potensi kerusakan selama penyesuaian. Perbaikan ini akan dilakukan secara gratis.