Jokowi Resmikan SPBU Yang Jual Biodiesel 30 Persen

Jokowi Resmikan SPBU yang Jual Biodiesel 30 Persen Operator SPBU mengisikan Bio Diesel 30 Persen ke dalam sebuah mobil diesel

KabarOto.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan penerapan program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU COCO No. 31.128.02 MT Haryono Jakarta Selatan, (23/12). Jokowi meminta agar pengurangan impor solar harus dilakukan secara serius. Program B30 ini memberikan sumbangan yang sangat besar, karena dapat menghemat devisa sekitar Rp 63 trilliun.

“Ingat kita penghasil sawit terbesar di dunia. Kita punya sumber bahan nabati sebagai pengganti solar. Kita manfaatkan untuk kemandirian energi nasional,” tegas Presiden.

Baca Juga: Awasi Pengguna BBM Bersubsidi, Pertamina Digitalisasi Nozzle Di SPBU

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi beberapa Menteri meresmikan SPBU yang menerapkan program Biodiesel 30 persen

Jokowi menambahkan, program B30 juga akan dapat mengurangi impor BBM dan menciptakan permintaan domestik CPO yang sangat besar. Hal ini menurutnya, dapat memberikan multiplier effect bagi 13,5 juta petani perkebunan kelapa sawit.

“Ini artinya, B30 akan berdampak kepada para perkebunan kecil yang membina petani rakyat yang selama ini bekerja di kebun sawit dan para pekerja yang bekerja di pabrik kelapa sawit,” paparnya di hadapan media.

Program B30 nantinya menjadi B50 dan seterusnya juga menjadi B100. “Tidak mudah kita ditekan-tekan lagi oleh negara lain, terutama kampanye negatif dari beberapa negara terhadap export CPO kita. Karena kita sudah memiliki pasar di dalam negeri yang besar,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Imbauan Pertamina Sebelum Masuk Tol Layang Jakarta - Cikampek

Program B30 ditargetkan bisa mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 14,25 juta ton C02 selama tahun 2020. Selain itu, Program B30 juga ditargetkan bisa menyerap tenaga kerja tambahan hingga 1,29 juta orang.