POPULAR STORIES

Jokowi Tegaskan Insentif Kendaraan Listrik Diprioritaskan Untuk Roda Dua

Jokowi Tegaskan Insentif Kendaraan Listrik Diprioritaskan untuk Roda Dua Presiden Jokowi saat mengunjungi booth peserta IIMS 2023 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan mendahulukan kendaraan listrik roda dua yang bakal menerima insentif. Terhitung, saat ini penjualan kendaraan roda mencapai 5 juta lebih.

"Tentu saja yang didahulukan akan yang motor dulu," jelas Jokowi pada saat pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2).

Baca Juga: Tiket IIMS 2023 Dijual Mulai Rp50 Ribu, Begini Cara Belinya

Jokowi menyatakan bahwa besaran insentif untuk pembelian kendaraan listrik masih terus dikaji dan dirumuskan oleh Kementerian Keuangan.

"Berapa untuk mobilnya dan berapa untuk motor berapa," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi membuka IIMS 2023 (Foto: KabarOto)

Jokowi meminta produsen untuk tidak hanya fokus pada penjualan dalam negeri. Dia meminta para produsen yang eksis di Indonesia untuk lebih gencar pada sisi ekspor.

"Agar nilai tambahnya lebih dan devisa juga bisa masuk," ucap dia.

Baca Juga: IIMS 2023 Resmi Dibuka Jokowi, Target Transaksi Rp 3,4 Triliun

Jokowi mengaku sangat bangga akan perkembangan industri otomotif di tanah air. Pada tahun 2022, industri kendaraan di Indonesia melalui kendaraan roda empat meningkat 18 persen atau telah terjual 1.048.000 kendaraan.