Jorge Martin Mundur Di MotoGP Belanda 2021, Ini Alasanya

Jorge Martin Mundur di MotoGP Belanda 2021, Ini Alasanya Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin hanya menyelesaikan 14 lap di MotoGP Belanda. Rookie MotoGP itu masuk ke pit lebih awal saat memasuki paruh balapan akhir pekan lalu.

Namun itu bukan karena motornya yang bermasalah. Tetapi, karena kondisi fisiklah yang membuat Martinator harus mundur saat balapan.

Pada bulan April lalu, pembalap asal Spanyol itu mengalami kecelakaan parah di Portimao, Portugal hingga harus absen di Spanyol, Prancis dan Italia. Dan dirinya baru comeback di Catalunya, tetapi ia masih berjuang untuk mengatasi efek kecelakaan tersebut.

Baca juga: Resmi! Franco Morbidelli Gantikan Vinales Di MotoGP 2022

Momen saat Martin kecelakaan parah di Portiimao

“Kondisi fisik saya saat balapan tidak benar-benar fit. Bisep saya sakit dan ada masalah tendinitis. Saya benar-benar merasakan sakit usai sesi warm-up lap. Usai 14 lap saya tidak memiliki tenaga lagi dan saya memutuskan untuk mundur,” ungkap Jorge Martin.

Musim 2021 merupakan debut karirnya di kelas utama dan berjalan cukup menjanjikan saat seri awal musim. Ia meraih pole position dan finis ke-3 dalam balapan kedua di Doha, Qatar.

Sayangnya, usai mengalami kecelakaan di Portimao, membuat dirinya terlempar ke belakang dan menjadi mimpi buruk bagi Martin. Untungnya, usai balapan di Belanda ada jeda musim panas. Ajang MotoGP libur sepanjang bulan Juli dan akan kembali pada Agustus mendatang dengan double-header di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Baca juga: Update Klasemen MotoGP 2021: Fabio Quartararo Kuasai Paruh Musim

Martin ingin kembali tampil kompetitif dengan kondisi lebih fit

“Saya tidak ingin mengambil resiko. Dari satu putaran ke lap berikutnya dengan lengan mati rasa. Jika saya memaksakan tentu akan berbahaya sekali bagi saya dan pembalap lainnya. Cedera ini mencegah saya untuk bisa mendapat pengalaman lebih jauh,” lanjut Martin.

Tentu, di masa libur panjang ini bisa dimanfaatkan Martin untuk memulihkan kondisinya. Pembalap dengan nomor 89 itu juga berharap bisa mengahadapi paruh musim agar dalam kondisi fit dan bisa tampil kompetitif.

“Jika saya mampu bersaing meraih kemenangan di Qatar dan finis di podium, artinya saya bisa melakukan itu lagi. Dengan jeda ini akan sangat penting untuk saya untuk mempersiapkan diri. Kini saya hanya perlu kembali bugar secara fisik dan berjuang lagi,” tutup sang Martinator.