Update Klasemen MotoGP 2021: Fabio Quartararo Kuasai Paruh Musim

Update Klasemen MotoGP 2021: Fabio Quartararo Kuasai Paruh Musim Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo sukses memperlebar gap poin dari para rival usai menang telak di MotoGP Belanda, Minggu (27/6).

Usai mendapatkan hasil yang tidak baik dari dua seri sebelumnya, Quartararo akhirnya merasakan kemenangan lagi di Sirkuit Assen, Belanda. El Diablo memulai balapan dari posisi ke-2 dan mampu bertarung dengan Fransesco Bagnaia (Ducati Lenovo) selama beberapa lap.

Baca juga: Hasil MotoGP Belanda 2021: Fabio Quartararo Menang Telak, Yamaha Mendominasi

Kesuksesannya juga diraih oleh rekan satu timnya, Maverick Vinales yang bisa merasakan naik podium lagi usai kemenangan pada seri pembuka di Qatar. Meskipun memulai start dari grid terdepat dan finis sebagai runner-up merupakan hasil yang tidak terlalu buruk untuk Vinales.

“Balapan hari ini (Minggu) sangat seru karena bersaing dengan Bagnaia. Saya mengalami masalah di tangan kanan saya. Namun, saya masih bisa mencatat lap tercepat sebanyak tiga atau empat lap. Saya senang dengan hasil lomba akhir pekan ini,” ungkap Fabio Quartararo.

Walaupun, dirinya sempat kewalahan dan posisinya merosot cukup jauh pada lap-lap awal lomba. Mampu mengamakan podium 1-2 tentu sangat menggembirakan untuk pabrikan berlogo garpu tala itu, dan membuat mereka membuktikan sebagai penguasa Sirkuit Assen.

Baca juga: Maverick Vinales Resmi Tinggalkan Monster Energy Yamaha Akhir Musim 2021

Sejak MotoGP 2002, Yamaha meraih 11 kemenangan di Belanda. Dengan kemenangan pada akhir pekan lalu merupakan podium utama keempatnya di musim ini, sekaligus membuat Quaratararo menjadi juara paruh musim MotoGP 2021. Pembalap bernomor 20 itu makin kokoh di puncak klasemen dengan total raihan 156 poin.

Dirinya unggul 34 poin dari rival terdekatnya, Johann Zarco (Pramac Racing) yang finis ke-4. Sebelumnya, dua pembalap tersebut hanya berselisih 22 poin saja. Sementara itu, Joan Mir (Suzuki Ecstar) naik peringkat ke-4 usai finis ke-3 yang kini telah mengoleksi 101 poin. Mir hanya unggul 1 poin dari Jack Miller (Ducati Lenovo) yang harus pulang tanpa membawa poin karena pada lap ke-18 dirinya mengalami masalah mesin dan sempat terjatuh.

Sedangkan, Vinales meskipun finis ke-2 belum mengubah posisinya di tabel klasemen sementara. Tetapi, dirinya makin dekat dengan posisi tiga besar yang hanya selisih 14 poin. Sebelumnya, Top Gun memiliki gap 25 poin.

“Saat start, saya mengalami sedikit masalah dengan kopling jadi ban sedikit spinning. Tetapi, saya memiliki target untuk meraih podium pertama. Tetapi, sisa lap tidak banyak jadi ssaya tidak bisa mengejar Quartararo,” ungkap Maverick Vinales.

Baca juga: Federal Oil Gresini Moto2 Tutup Paruh Musim Di Lima Besar

Hasil podium GP Belanda 2021

Hasil memuaskan juga diraih oleh Marc Marquez (Repsol Honda) yang memulai balapan dari posisi ke-20 dan mampu finis di posisi ke-7 dan mendapatkan 9 poin. MM93 masih bertahan di posisi ke-10 di tabel klasemen sementara.

Dengan berakhirnya GP Belanda, para pembalap memasuki jeda musim panas. MotoGP 2021 akan berlanjut lagi pada 8 Agustus di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Berikut Klasemen Sementara MotoGP 2021 Usai GP Belanda :

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 156 poin

  2. Johhan Zarco (Pramac Racing) 122 poin

  3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 109 poin

  4. Joan Mir (Suzuki Esctar) 101 poin

  5. Jack Miller (Ducati Lenovo) 100 poin

  6. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 95 poin

  7. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) 85 poin

  8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 61 poin

  9. Brad Binder (Red Bull KTM) 60 poin

  10. Marc Marquez (Repsol Honda) 50 poin

  11. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 41 poin

  12. Pol Espargaro (Repsol Honda) 41 poin