POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Belanda 2021: Fabio Quartararo Menang Telak, Yamaha Mendominasi

Hasil MotoGP Belanda 2021: Fabio Quartararo Menang Telak, Yamaha Mendominasi Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil mendominasi dan tidak tersentuh di Sirkuit Motul TT Assen, Belanda, hari ini (27/06).

Memulai dari start kedua, Quartararo sempat berduel ketat dengan Francesco “Pecco” Bagnaia (Ducati Lenovo) pada awal perlombaan. Sampai 5 lap awal, Bagnaia unggul memimpin ditempel ketat oleh Quartararo dan Takaaki Nakagami (LCR Honda).

Memasuki lap ke-7, Quartararo baru mulai merebut pimpinan lomba dan secara perlahan membuat gap dengan Pecco dan para pembalap lainnya. Sementara, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) nampaknya harus memikirkan lagi soal karirnya untuk musim depan.

Baca Juga : Aki Ajo Perpanjang Kontrak Bersama Red Bull KTM Hingga 2026

Dengan start dari posisi ke-12, Rossi langsung tercecer ke posisi ke-21 pada lap awal. Meski sempat memperbaiki posisinya, The Doctor mengalami kecelakaan pada lap ke-8 dan keluar dari balapan.

Maverick Vinales raih podium kedua

"Balapan hari ini sangat seru dengan bersaing dengan Bagnaia. Saya sedikit mengalami masalah di tangan kanan saya. Namun, saya masih bisa mencatat lap tercepat sebanyak tiga atau empat lap. Saya senang dengan hasil lomba hari ini," ungkap Fabio Quartararo.

Dalam 3 lap berikutnya, Quartararo memimpin dengan jarak dengan pembalap belakangnya selama 2 detik dan semakin lebar lap demi lap. Memasuki akhir lap ke-11, Nakagami yang terus menekan Pecco untuk merebut posisi ke-2 meski hanya sebentar saja dan berhasil direbut kembali oleh pembalap bernomor 63 itu.

"Saat start, saya mengalami sedikit masalah di kopling jadi ban sedikit spinning. Tetapi, saya memiliki target untuk meraih podium pertama. Tetapi, sisa lap tidak banyak jadi saya tidak bisa mengejar Quartararo." ungkap Maverick Vinales.

Sayangnya, Bagnaia harus harus menerima long lap penalty usai melanggar track limit dan kehilangan kesempatannya untuk merebut podium. Tidak lama, Nakagami tiba-tiba melakukan kesalahan dan harus turun beberapa posisi dan harus rela dirinya tidak bisa meraih podium di Assen.

Baca juga: Resmi! Aramco Racing Team VR46 Gandeng Ducati Mulai 2022

Joan Mir raih podium ketiga

Turunnya Bagnaia dan Nakagami membuat Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Racing) bertarung untuk merebutkan posisi ke-2, diikuti oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM).

Balapan tersisa 8 lap, Top Gun mulai menekan untuk mengejar Quartararo yang sudah unggul 4 detik, dibelakangnya Mir mampu menyalip Zarco. Di lap berikutnya, Iker Lecuona (KTM Tech3) mengalami kecelaakan diikuti Jorge Martin (Pramac Racing) yang langsung memasuki paddock dan mengakhiri balapan.

"Saya tidak bisa ungkapkan dengan kata-kata tentang balapan hari ini. Kami tahu bahwa gap kami cukup konsisten selama balapan. dan kami sudah memberikan hasil kerja keras kami untuk meraih podium hari ini. Karena saya ingin menunjukkan bahwa kami cukup berusaha kerasa di musim ini," ungkap Joan Mir.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2021: Maverick Vinales Raih Posisi Terdepan

Hasil podium MotoGP Belanda 2021

Menyisakan 4 lap, Vinales berhasil memangkas gapnya hingga kurang dari 3 detik. Sayangnya, lap tidak cukup untuk mengejar Quartararo yang akhirnya berhasil mendominasi GP Belanda dan duo Yamaha mampu meraih podium diikuti oleh Mir. Zarco dan Miguel melengkapi posisi 5 besar.

Bagnaia berhasil finis ke-6 bersama Marc Marquez (Repsol Honda) yang mampu finis ke-7 usai start dari posisi ke-20.

Berikut Hasil MotoGP Belanda 2021:

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 1:32,869 detik

  2. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) +2,575 detik

  3. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +5,760 detik

  4. Johann Zarco (Pramac Racing) +6,130 detik

  5. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +8,402 detik

  6. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +10,035 detik

  7. Marc Marquez (Repsol Honda) +10,110 detik

  8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +10,346 detik

  9. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +12,225 detik

  10. Pol Espargaro (Repsol Honda) +18,565 detik

  11. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +21,372 detik

  12. Brad Binder (Red Bull KTM) +21,676 detik