Resmi! Aramco Racing Team VR46 Gandeng Ducati Mulai 2022

Resmi! Aramco Racing Team VR46 Gandeng Ducati Mulai 2022 Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Menjelang akhir pekan balap MotoGP Belanda 2021, tim besutan Valentino Rossi, Aramco Racing Team VR46 resmi bekerja sama dengan Ducati untuk debut sebagai tim independen mulai musim 2022.

Skuad baru ini sudah mengonfirmasi penandatanganan kontrak kerja sama dengan pabrikan Borgo Panigale itu selama tiga tahun. Dengan kesepakatan yang dibuat pada Kamis (24/6) waktu setempat, tim milik The Doctor ini akan mendapatkan dua unit Ducati Desmosedici GP.

Baca Juga : Aki Ajo Perpanjang Kontrak Bersama Red Bull KTM Hingga 2026

Selain itu, Pablo Nieto yang saat ini menjadi Manajer Tim Sky Racing Team VR46 di Moto2 dan Moto3, dipromosikan sebagai Team Manager Aramco Racing Team VR46.

Dua unit Desmosedici GP untuk tim Aramco

Pria asal Italia itu memiliki peran besar untuk mengembangkan karir para pembalap muda jebolan VR46 Riders Academy di tim-tim mereka yang turun di kelas Moto2 dan Moto3. Bicara soal susunan pembalap, ada kemungkinan VR46 akan menarik Luca Marini dan Marco Bezzechi yang saat ini masih turun di Moto2

Mulai tahun depan, Marini diperkirakan akan mendapatkan jatah Ducati Desmosedici GP22 seperti tim pabrikan. Sedangkan, Bezzechi akan menerima Desmosedici GP21.

Tentu, dengan terjalinnya kontrak baru ini membuat Alessio Salucci selaku teman karib Rossi sekaligus tokoh penting dalam manajemen Team VR46 mengatakan, pihaknya sangat gembira bisa mengumumkan keikutsertaan mereka di kelas utama mulai tahun depan.

Luca Marini kemungkinan ditarik ke tim Aramco

Mereka senang akhirnya bisa mengumumkan bisa turun di MotoGP dengan dua pembalap VR46. Perjalanan dimulai dari delapan tahun lalu, saat VR46 Riders Academy didirikan. Pengalaman di trek juga tidak lepas dari peran Sky.

"Sejak 2013, kami terus berkembang dan mampu menorehkan prestasi di Moto3 dan Moto2 lewat sederet pembalap muda berbakat dari Italia,” ungkap Alessio Salucci.

Baca Juga : Resmi! Aramco Racing Team VR46 Siap Debut Di MotoGP 2022

Bocoran tampilan motor tim Aramco

Selain konfirmasi soal pemasok motor, Aramco Racing Team VR46 juga menandatangani kontrak dengan Dorna Sports selaku promotor dan pemengang hak komersial Kejuaraan Dunia Balap Motor, untuk turun di kelas utama tersebut selama lima tahun mulai 2022.

Dorna senang hati menyambut Tim VR46 ke MotoGP pada 2022. Sangat menyenangkan bagi penggemar dari seluruh dunia mengikuti karir luar biasa Valentino Rossi dan pertumbuhan Akademi Balap VR46 sejak awal.

"Rossi akan terus menjadi bagian penting dari Kejuaraan Dunia MotoGP. Warisannya yang luar biasa akan terus menginspirasi generasi baru pembalap dan penggemar,” ungkap Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.