POPULAR STORIES

Jumlah Pengguna Sepeda Meningkat, Pemkot Surabaya Sediakan Jalur Khusus

Jumlah Pengguna Sepeda Meningkat, Pemkot Surabaya Sediakan Jalur Khusus Lajur sepeda (Humas Pemkot Surabaya)

KabarOto.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, saat ini telah menghapus kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). sehingga, masyarakat sudah mulai melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bersepeda.

Selama hampir sebulan ini, banyak warga Surabaya yang menggunakan sepeda dengan melewati jalur protokol. Menanggapi hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya bersama Satlantas Polrestabes Surabaya rutin melakukan patroli agar kegiatan bersepeda ini tetap tertib dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Jangan Asal, Naik Sepeda Di Luar Jalur Bisa Dikenai Tilang

Kepala Dishub Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan, untuk menertibkan dan melindungi para pesepeda dari kendaraan bermotor, pihaknya telah menambah lebar lajur khusus pop up bike lane. Sejak Sabtu (27/06) sore, penambahan lajur khusus sepeda ini disiapkan di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya.

"Sejak Sabtu malam, kita koordinasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya di Jalan Tunjungan. Sedangkan Minggu pagi, disiapkan di Jalan Raya Darmo," kata Irvan dalam keterangannya.

Ilustrasi bersepeda di jalan raya

Lebih lanjut ia menjelaskan, penambahan lebar lajur khusus sepeda ini disiapkan agar pesepeda bisa lebih tertib dan aman saat berkendara. Sebab, melihat fenomena saat ini, bersepeda pada Sabtu malam dan Minggu pagi menjadi trend baru di Kota Surabaya.

"Biasanya Sabtu malam dan Minggu pagi ini volume bersepeda meningkat. Nah, supaya mereka aman kita buat traffic cone, agar mereka terlindungi dan terpisah dari kendaraan bermotor," jelasnya seperti dikutip dari laman resmi Pemkot Surabaya.

Baca Juga: Tak Rebutan Jalur Lagi, Pemprov DKI Jakarta Sediakan 'Jalan Tol' Sepeda Sudirman-Thamrin

Lajur khusus sepeda ini telah dibuat dengan panjang ruas jalan mencapai 15.029 meter. Meliputi, Jl. Darmo, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Gubernur Suryo, Jl. Panglima Sudirman, Jl. Yos Sudarso, Jl. Pemuda, Jl. Gubeng, Jl. Walikota Mustajab, Jl. Wijaya Kusuma dan Frontage A. Yani Sisi Barat (Bank BNI – Royal Plaza).

Selain itu, lajur sepeda ini sebelumnya juga telah disiapkan di Jl. Sumatera, Jl. Sulawesi, Fly Over Gubeng Pojok, Jl. Prof Dr. Moestopo, serta Jl. Dr. Soetomo sisi selatan (Kantor Wismilak – Taman Korea).