POPULAR STORIES

Jurus Wuling Almaz Bikin Kompetitor Kualahan

Jurus Wuling Almaz Bikin Kompetitor Kualahan

KabarOto.com - Wuling Motors Indonesia sebagai pendatang baru di Tanah Air, mampu menjadi ‘Kuda Hitam’ bagi kompetitor lainnya yang sudah berbisnis selama puluhan tahun. Sebab dalam hitungan empat tahun, Wuling melalui produknya, di tiap segmennya bisa bercokol di lima besar.

Salah satu yang paling mencuri perhatian konsumen nusantara adalah Sport Utility Vehicle (SUV) Wuling Almaz series. Bila melihat data di semester awal 2021, berada di posisi tiga tepat di bawah Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Sementara prediksi Almaz akan menggeser Honda CR-V ternyata terwujud. Mobil yang memiiki kepanjangan nama 'Comfortable Runabout Vehicle' harus rela di posisi empat.

Baca juga: Wuling Almaz RS Kembali Raih Penghargaan The Best Innovation

Bila melihat hasil penjualan semester 1 2021, Pajero Sport menjadi yang terlaris di angka 8.298 unit, menyusul Fortuner laris 7.485 unit, Almaz di angka 4.415 unit, kemudian CR-V catatkan 3.047 unit. Di posisi lima menyusul Hyundai Santa Fe bukukan 189 unit.

Begitu diminatinya Wuling, memang berkat strategi tepat hadikan pilihan Almaz sesuai kebutuhan yang diharapkan konsumen di Indonesia. Belum lagi harga rasional untuk SUV yang juga dipakai oleh raksasa otomotif General Motors. Yup, untuk tujuan efisiensi bisnis di beberapa negara menggunakan platform Almaz, salah satunya Chevrolet Captiva.


Nah, hal tersebutnya menjadi bagian dari kepercayaan konsumen terhadap produk lansiran Wuling yang fasilitas produksinya berada di Indonesia, didirikan tahun 2017 di Cikarang.

Saat ini Wuling mencoba meningkatkan fitur-fitur yang bisa dibilang bisa bersaing dengan kompetitor brand Jepang, bahkan kemudahan bantuan berkendara yang tak disuguhkan di brand lainnya.



Adapun untuk entri level, Almaz pilihannya mulai dari Rp 257,3 juta untuk Smart Enjoy 6MT 7-seater, Rp 272,8 juta untuk Smart Enjoy CVT 7-seater, Rp 320,8 juta untuk Exclusive 5-seater, dan Rp 330,8 juta untuk Exclusive 7-seater.

Pilihan flagship yakni Almaz RS juga ada di suguhkan. Seperti Almaz RS EX 5-seater harganya Rp 350,8 juta, Almaz RS EX 7-seater dilepas Rp 360,3 juta, dan Almaz RS Pro 7 seater dibanderol 379,8 juta (on the road Jakarta). Mobil yang mengusung Intelligent Digital Car ini hebatnya tak tembus di angka Rp 400 jutaan, seperti brand Jepang.

Tak melupakan mesin andal yang digunakan adalah instalasi 4 silinder segaris berkapasitas 1.451 cc. Menganut sistem DOHC dan DVVT, didukung pula turbocharger. Klaim tenaganya 140 dk pada 5.200 rpm dan torsinya 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm.

Paling menarik adalah apa yang disuguhkan di Almaz RS EX 5-seater dan Almaz RS EX 7-seater sudah sematkan Internet on Vehicle (IoV), Wuling Indonesian Command, dan Advanced Driver Assitance System (ADAS). Terdapat fitur vehicle remote control, Positioning & Geo-fencing, Bluetooth key online navigation. Di kokpit juga bisa mengoperasikan online music dan online messaging.



Oh iya Sob, teknologi ADAS yang merupakan bagian dari WISE diusung oleh Almaz RS EX. Bisa secara otomatis mengoperasikan Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Brake (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), dan Collision Mitigation System (CMS). Memungkinkan pengendara yang lengah bisa terselamatkan dari insiden di jalan raya. Sedangkan memudahkan pengendara saat mulai mengaktifkan kendaraan, sudah ada engine start stop, tinggal pencet saja, selama membawa kunci di tas dan tak terlalu jauh dengan kendaraan.

Wuling mengemas dimensi Almaz RS EX tak terlalu tambun. Hal ini terlihat dari panjang kendaraan disajikan 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm. Adapun jarak sumburoda 2.750 mm. Tak perlu takut saat melakukan manuver di parkiran sempit, karena ada bantuan kamera 360 derajat memantau kondisi sekitar kendaraan, dibantu sensor parkir. Terpantau melalui layar 10,4 inci di dasbor.

Sekali lagi tak perlu khawatir, Wuling memberikan ketenangan dalam kepemilikan kendaraan ini. Masih berlimpah fitur keselamatan pendukung, seperti Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Antilock Braking System (ABS) hingga Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Ketika melakukan pengereman mendadak, dari sein akan berkedip mengaktifkan Emergency Stop Signal (ESS).

Baca juga: Memasuki Usia 4 Tahun, Ini Kiprah Wuling Motors di Indonesia

Bila sering membawa Almaz RS EX ke pegunungan atau lintasan berbukit, sudah ada Hill Hold Control (HHC), memungkinkan mobil tertahan sejenak sebelum pedal gas diinjak. Rem parkir tak lagi direpotkan, karena sudah memakai sistem tombol atau Electric Parking Brake (EPB). Perlindungan SRS airbag untuk pengendara dan penumpang depan.

Mobil tetap terjaga performa dan efisiensi bahan bakar, berkat adanya Tire Presure Monitoring System (TPMS). Di balik pelek 17 inci yang berbalut profil ban 215/60 R17 terdapat pendukung deselerasi cakram di empat rodanya.