POPULAR STORIES

Kado Kemerdekaan, Toyota Harumkan Nama Indonesia Di Balap AXCR 2023

Kado Kemerdekaan, Toyota Harumkan Nama Indonesia di Balap AXCR 2023 Kado Kemerdekaan, Toyota Harumkan Nama Indonesia di Balap AXCR 2023 (TGRI)

KabarOto.com - Bersama pembalap Takuma Aoki dari Jepang, Toyota Fortuner GR Sport Diesel telah berpartisipasi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR), yang kerap dijuluki sebagai Reli Dakar versi Asia, sejak tahun 2017.

Fortuner GR Sport yang dipakai telah memperoleh rombakan khusus sesuai regulasi yang berlaku, mulai dari sasis hingga bodi, semua bagian diperkuat agar dapat melaju aman di rute reli yang sangat menantang tersebut.

Bagian dalam dipasang roll cage untuk melindungi pembalap dan mesin memperoleh sentuhan modifikasi untuk meningkatkan performa di medan off-road.

Baca Juga: Galeri All New Toyota Alphard 2023

Takuma Aoki dan Ikuo Hanawa, juga dari Jepang, kembali berlaga di kelas paling bergengsi T1D (modifikasi) pada ajang AXCR tahun ini. Dampak kecelakaan di GP500 tahun 1998 (sekarang Moto GP) yang melumpuhkan kedua kaki Takuma Aoki, tidak menyurutkan semangatnya bertanding dibawah bendera Indonesia.

Mobilnya didesain secara khusus terutama untuk mekanisme gas dan rem menggunakan tangan kiri yang dipersiapkan oleh Aoki bersama dengan para insinyur TGRI.

Sementara dari Indonesia, pereli TB Adhi disiapkan menjadi pembalap lokal TGRI pertama di ajang AXCR untuk berlaga di kelas T2A-D (standard non homologasi). Namun saat scrutineering awal, pihak penyelenggara lomba melihat ada hal yang tidak sesuai dengan spesifikasi kelas T2A-D, membuat Adhi harus berkompetisi di kelas T1-D yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Baca Juga: Galeri Toyota GR Corolla Yang Meluncur Di GIIAS 2023

“Harus menghadapi kompetitor dengan spesifikasi mobil yang lebih tinggi tidak menyurutkan sedikitpun semangat pada tim. Bersyukur chemistry antar driver, engineer, dan seluruh tim menumbuhkan support system yang kuat dan mampu mengantarkan TGRI meraih juara satu dan dua di kelas Mobil secara overall. Kemenangan ini tentu kita persembahkan untuk Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-78,” jelas pembalap TGRI TB Adhi.

Adhi mengaku tetap berlomba dengan penuh semangat antara negara Thailand dan Laos sejauh 2 ribu km yang ditempuh selama 6 hari (14–19 Agustus 2023). Sayang, mobil pembalap Ikuo Hanawa tidak dapat melanjutkan kompetisi setelah hari ke-4 karena kerusakan berat pada mesin. Bermodalkan pengalaman panjang, Takuma Aoki tampil memukau bersama Fortuner GR Sport Diesel untuk memenangkan lomba di posisi pertama AXCR 2023.