POPULAR STORIES

Kalau Mau Ganti Oli Motor Di Rumah Saja

Kalau Mau Ganti Oli Motor di Rumah Saja Perhatikan dan hati-hati, jangan membuka baut dikala mesin sedang panas (Foto:KabarOto/Muh Ramdani)

Pernah merasa kecewa lantaran ketika Anda ingin service di bengkel hanya untuk sekadar ganti oli motor menjumpai antrian yang panjang? Solusinya mudah, kalau mau ganti oli motor di rumah saja. Bagaimanakah tahapannya.

Tidak usah khawatir Bro and Sist, sebenarnya Anda pun dapat mengganti oli sendiri di rumah tanpa bantuan mekanik bengkel. Asalkan dilakukan dengan cara dan langkah yang tepat, dijamin motor Anda bisa ngacir lagi.

Yang paling utama adalah jangan lakukan ganti oli secara sembarangan. Kuras oli di motor hingga benar-benar habis. Harus sediakan alat seperti kunci ring 14 untuk membuka baut oli yang berada di bawah, dan juga sediakan wadah untuk menguras oli bekas.

Jangan membuka baut oli dalam keadaan mesin panas. Ini akan membuat baut oli menjadi slek atau rusak.

"Kalau konsumen ingin mengerjakan ganti oli sendiri di rumah, yang paling penting adalah jangan sekali-sekali membuka baut oli dalam kondisi mesin motor panas. Karena ini akan membuat baut oli akan slek atau rusak," terang Bro Deddy, Head Mekanik di bengkel DJ Custom.

Dan untuk menguras oli bekas, bisa dilakukan dengan mendiamkan oli sampai tetes terakhir.

"Cara ini bisa dilakukan semalaman, cukup di tinggal tidur saja. Kemudian besoknya bisa menuangkan oli yang baru. Tidak perlu kompresor, karena menggunakan kompresor itu ada kandungan airnya. Jadi cukup cara sederhana ini saja," pungkas Deddy.

Memang tanpa menggunakan kompresor, oli bekas yang masih menempel di mesin tidak akan turun semuanya, akan ada sisa oli. Tapi jangan takut Bro and Sist, hal ini wajar dan tidak akan menjadi masalah terhadap kinerja mesin motor anda.

Menguras oli sendiri di rumah memang gampang-gampang susah, asalkan mengetahui cara yang benar, dijamin sepeda motor bakalan enak lagi dipakainya.

Baca Juga: