Kaleidoskop 2018: Deretan Motor Matik Terbaru Yang Mendarat Di Indonesia

Kaleidoskop 2018: Deretan Motor Matik Terbaru yang Mendarat di Indonesia Yamaha FreeGo

KabarOto.com - Pasar otomotif tanah air memang menjadi salah satu pasar yang terus mengalami pertumbuhan positif, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Hal tersebut berdampak semakin ramainya produk-produk terbaru yang mencoba peruntungan baru bersaing di Indonesia.

Khusus untuk Indonesia, redaksi KabarOto mencatat ada 7 motor matik terbaru yang kini dipasarkan di Indonesia. Terlebih motor jenis matik dengan model sporti kini kian digandrungi dan memiliki segmen yang sangat kompetitif. Menariknya lagi, ada beberapa merek yang sukses meraih market yang besar, dan sukses menghasilkan pundi-pundi keuntungan bagi pada Agen Pemegang Merek di Indonesia.

Berikut redaksi KabarOto mencoba untuk merilis daftar motor skuter matik (skutik) yang dirilis di sepanjang 2018:

1. Yamaha Lexi

Mengawali tahun 2018, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) langsung memberikan kejutan dengan meluncurkan keluarga baru MAXI Yamaha, yakni Yamaha Lexi pada 26 Januari 2018. Motor berjuluk si seksi ini sekaligus melengkapi jajaran produk MAXI Yamaha yang dipasarkan di Indonesia, yaitu TMAX, XMAX, NMAX dan AEROX155.

Baca juga: Test Ride - Kencan Seminggu Dengan Royal Enfield Classic 500

Bicara harga, Lexi dipasarkan dengan harga Rp 19,95 juta untuk tipe biasa dan Rp 22,8 juta untuk varian tertinggi yakni Lexi-S dengan status on the road DKI Jakarta.

Motor ini dipersenjatai dengan beragam fitur modern, seperti Smart Key System, Immobilizer dan Answer Back System. Yamaha Lexi mengusung mesin Blue Core 125cc LC4V dengan teknologi Variable Valve Actuation, penggunaan teknologi ini membuat torsi merata pada tiap putaran mesin.

2. All New Honda PCX Hybrid

Beranjak ke sang Rival, PT Astra Honda Motor (AHM) turut memasarkan All New PCX Hybrid sebagai skuter matik (skutik) berteknologi hybrid pertama di dunia. Motor ini pun dirilis bersamaan dengan digelarnya ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung pada bulan April lalu.

Istimewanya, skutik premium ini diproduksi pabrik AHM di Indonesia dan memiliki banderol berkisar Rp 40 jutaan.

All New Honda PCX Hybrid memiliki desain mewah dan elegan dengan warna Hybrid Blue dan tambahan logo Hybrid di sisi bodi kendaraan. Motor berkapasitas mesin 150 cc ini dilengkapi dengan rem berteknologi ABS, full digital panel meter dengan tampilan canggih dan informatif. Serta pilihan mode berkendara, level dan indikator baterai.

3. Yamaha TMAX DX

Selanjutnya adalah Yamaha TMAX DX yang resmi diluncurkan YIMM pada 26 Maret 2018. Motor jenis sport commuter bermesin 530 cc ini dipasarkan dengan harga Rp 299,9 juta.

Motor yang diimpor utuh (completely built-up/CBU) dari Jepang ini tercatat telah dipesan oleh 40 orang konsumen di Indonesia.

TMAX DX merupakan skutik pertama Yamaha yang menggunakan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle). TMAX DX memiliki kerangka bodi yang lebih ringan, performa yang lebih baik, pengalaman berkendara, serta kenyamanan yang maksimal.

Baca juga: Profil - Honda CRF1000L Africa Twin

4. All New Vario 150 dan 125

Memasuki bulan April 2018, AHM merilis model teranyar dari skutik andalan mereka, Honda Vario. All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 kini tampil dengan fitur yang lebih modern dan sporty.

All New Honda Vario 150 telah dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaru, mulai dari full digital panel meter dengan multi informasi, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Sementara All New Vario 125 dibekali fitur baru seperti full digital panel meter dengan multi informasi dan lampu LED pada semua sistem pencahayaan. Varian CBS-ISS pada model ini juga dilengkapi dengan Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan kendaraan.

5. Suzuki Nex II

Di ajang IIMS 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut meluncurkan skutik terbaru mereka, yakni Nex II. Motor yang diperkenalkan pada 24 April 2018 itu memang memangsa segmen entry-level, mengingat motor ini memang memiliki banderol yang cukup terjangkau.

Suzuki Nex II dipasarkan dengan harga Rp13,95 juta sampai Rp14,65 juta. Nex II tipe Standard dijual Rp13,95 juta berstatus on the road Jabodetabek. Hadir dengan pilihan warna Brilliant White, Stronger Red, dan Titan Black.

Harga yang sama juga diberlakukan pada Nex II tipe Elegant dengan pilihan warna Mat Stellar Blue dan Solid Black. Tipe Elegant Premium dijual Rp 14,4 juta (OTR Jabodetabek) dengan kelengkapan fitur LED Headlight, USB Charger, Floorboard Guard dan Cover Muffler serta pilihan warna Mat Stellar Blue dan Solid Black.

Untuk Nex II tipe Fancy Dynamic dibanderol harga Rp14,65 juta (OTR Jabodetabek) dengan fitur LED Headlight, USB Charger, Dynamic Body Striping Set, LED Lamp Line dan Rim Decal dengan tiga pilihan warna Brilliant White, Stronger Red dan Titan Black.

Sementara Nex II tipe Sporty Runner juga dijual Rp 14,65 juta dengan kelengkapan fitur LED Headlight, USB Charger, Sporty Body Striping Set, Meter Visor, Cover Muffler+Hole dan Rim Decal, yang tersedian dalam warna Brilliant White, Stronger Red dan Titan Black.

Baca juga: Menikmati Petualangan 2 Alam 368 Kilometer Dengan Honda CRF 250 Rally

6. Honda Forza

Lagi-lagi Indonesia kehadiran salah satu skutik besar yang diimpor langsung dari Thailand, yakni Honda Forza. Motor yang memiliki banderol Rp 76,5 juta (OTR Jabodetabek) ini memiliki tampilan mewah dan sporty, serta telah dilengkapi dengan teknologi modern dengan posisi duduk yang nyaman.

Fitur-fitur yang melengkapi Honda Forza seperti digital panelmeter yang menyuguhkan informasi lengkap seperti indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM.

Honda Forza dilengkapi dengan mesin dengan performa tinggi dengan kapasitas 250cc SOHC liquid cooled PGM FI yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 23,1 dk.

7. Yamaha FreeGo

Di penghujung tahun 2018, YIMM merilis produk skutik terbaru mereka, Yamaha FreeGo.

Motor yang memiliki ruang bagasi besar ini (45 liter) ditawarkan dalam tiga tipe pilihan yakni Freego Standard yang dijual dengan harga Rp18,5 juta, FreeGo S dibanderol Rp19,7 juta dan FreeGo ABS ditawarkan dengan harga Rp22,5 juta.

Yamaha FreeGo telah dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti Electric Power Socket, Smart Front Refuel, Smart Key System, Antilock Brake System dan Smart Motor Generator.