Kampanyekan Tertib Lalu Lintas & Tanggap Bencana, Innova Community Gelar Kopdar Akbar Di Jawa Timur

Kampanyekan Tertib Lalu Lintas & Tanggap Bencana, Innova Community Gelar Kopdar Akbar di Jawa Timur Komunitas pemilik kendaraan Toyota Kijang Innova kembali mengadakan kegiatan kopi darat (kopdar) akbar untuk kedua kalinya di Malang, Jawa Tmur. (Foto: IC)

KabarOto.com - Komunitas pemilik kendaraan Toyota Kijang Innova kembali mengadakan kegiatan kopi darat (kopdar) akbar untuk kedua kalinya di Malang, Jawa Tmur.

Adalah Innova Community (IC), yang mengangkat tema peduli literasi dan lingkungan 2018. Kegiatan tersebut berlangsung akhir pekan kemarin (17-20/11/2018), diikuti oleh 327 anggota beserta keluarga yang terdiri dari 20 chapter, seperti Jabodetabek, Pulau Jawa, dan Sumatera.

Selama perjalanan turing dari daerah masing-masing, para anggota tidak lupa untuk mengkampanyekan Gerakan Tertib Lalu Lintas (GATELL), yang bertujuan untuk selalu menaati peraturan lalu lintas dengan tidak menggunakan strobo, sirene, dan patwal. Serta memaksimalkan penggunaan radio komunikasi agar tidak mengganggu hak pengguna jalan lainnya.

Hari pertama kopdar, acara diawali dengan kegiatan service bersama di area event, kemudian dilanjut coaching clinic mengenai perawatan kendaraan. Hingga menjelang malam hari, kegiatan disambung dengan ramah tamah antar para anggota Innova Community dan tamu undangan dari komunitas lain.

Baca Juga: Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Kegiatan juga dilengkapi penyuluhan dari tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya mengenai bencana alam, terutama gempa bumi. Pada acara tersebut, seluruh peserta dibekali ilmu pengetahui mulai dari arti gempa bumi, apa yang harus dilakukan ketika ada bencana tersebut, serta tindakan setelah terjadinya gempa bumi.

Baca Juga: Kijang Innova Lovers Gelar Munas, Tetapkan Ketum Baru

"Saya senang dengan adanya sosialisasi bencana dari Basarnas ini," terang Adrian P Putra, peserta dari Palembang. "Kami mendapat banyak pelajaran mengenai bencana alam, dan ini sangat berguna sekali bagi kita semua. Saya harap, kegiatan seperti ini dapat selalu rutin diadakan di setiap kegiatan kopdar Innova Community," lanjutnya.

Selain rentetan acara di atas, pengurus pusat IC juga menobatkan chapter AG Raya, sebagai chapter paling aktif melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), baik intern chapter maupun mendukung IC pusat selama satu tahun terakhir. Selain itu, chapter AG Raya dan Palembang juga mendapat penghargaan sebagai chapter yang paling banyak mengirimkan peserta.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan deklarasi chapter Solo Raya dan Jawa Timur, serta diakhiri voting pemilihan chapter yang akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan kopdar akbar Jawa tahun 2019, yang mana terpilihlah chapter Inyong (Cilacap, Purwokerto, dan sekitarnya).

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami harap bisa mempererat hubungan persaudaraan antar anggota Innova Community. Agar kegiatan rutin tahunan ini juga bisa berguna bagi anggota, lintas komunitas, serta masyarakat dan lingkungan," kata Nugraha Reza, Ketua Umum IC Pusat.

Baca Juga: Profil – Toyota New Alphard