POPULAR STORIES

Lap Chamois Bisa Bikin Baret Cat Mobil, Ini Penjelasannya

Lap Chamois Bisa Bikin Baret Cat Mobil, Ini Penjelasannya Chamois berbahaya bagi cat kendaraan, bisa menimbulkan baret (Foto: KO)

KabarOto.com - Chamois merupakan lap karet yang kerap digunakan oleh pemilik kendaraan sebagai alat untuk menyerap air, setelah dicuci atau terkena hujan. Chamois juga memiliki kualitas bahan yang beragam, diyakini daya serapnya sangat baik, sehingga bodi mobil dapat segera kering setelah terkena air.

Lap kain elastis berbahan polimer karet sintetis tersebut ternyata tidak disarankan. Karena lap tersebut dapat membuat baret halus atau swirl marks pada bodi mobil.

Baca juga: Perluas Jaringan Bisnis, Scuto Buka Layanan Body Repair Mobil

Lap micrifiber digunakan oleh bengkel untuk membuat body mobil mengkilap (Foto: KO)

Muhammad Ichsan, dari Scuto Academy Division mengatakan, lap Chamois dilarang digunakan, untuk mencegah terjadinya baret halus pada kendaraan. Ichsan pun menyarankan pemilik kendaaan mengganti dengan lap microfiber.

“Lap microfiber banyak dijual di e-commerce namun pilih yang bahannya tebal karena pastinya lebih lembut,” jelasnya, Senin (28/03). Lap microfiber adalah kain pembersih, yang terbuat dari serat halus.

Serat halusnya dibuat dari teknologi microfiber, umumnya dibuat dari campuran 20% nylon dan 80% polyester. Lap microfiber ini lebih halus 40 kali lipat dari serat wol.

Baca jkaneuga: Scuto Indonesia Perkenalkan Layanan Bisnis Barunya

Selain itu, 30 kali lebih kecil dari serat katun, serta 10 kali lebih kecil dari serat kain sutra. Seratnya bisa mengangkat berbagai kotoran, juga debu. Cocok untuk permukaan yang terbuat dari kaca, pelat kaleng atau plastik.