POPULAR STORIES

Kantor Baru Bridgestone Indonesia Terapkan Teknologi Tahan Gempa

Kantor Baru Bridgestone Indonesia Terapkan Teknologi Tahan Gempa Kantor baru Bridgestone Indonesia

KabarOto.com - Terhitung sejak bulan Oktober 2018, PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), mengumumkan kantor pusat baru, yang kini terintegrasi dengan area pabrik di Karawang, Jawa Barat.

Dengan terintegrasinya gedung kantor pusat baru Bridgestone Indonesia ini, pabrikan ban ini diharapkan dapat memperkuat fungsinya serta akan semakin baik dalam mengembangkan dan memberikan produk bagi konsumennya di Indonesia. Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen perusahaan jangka panjang untuk Menyumbang Masyarakat dengan Mutu Tertinggi (Serving Society with Superior Quality).

“Kini semua unit kerja kami telah berada dalam satu area, yaitu di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang. yang tentunya akan memudahkan semua proses bisnis kami di Indonesia. Selain itu, hal ini juga membantu kami mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien dan fokus untuk mewujudkan pelayanan terbaik untuk konsumen di Indonesia,” jelas Akihito Ishii, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia dalam keterangan resminya kepada KabarOto, Selasa (9/10/2018).

Baca juga: Atlet Tim Bridgestone Indonesia Kembali Raih Emas Di Asian Games 2018

Kantor pusat Bridgestone Indonesia mengintegrasikan beberapa bangunan kantor yang tersebar pada lokasi dalam area pabrik seluas 326.000 meter persegi.

Seluruh fungsi kantor pusat, kini berada dalam satu gedung yang telah dilengkapi dengan teknologi sistem isolasi dasar (base isolation system) untuk menghadapi gempa bumi. Selain itu masih ada sepuluh bangunan lainnya yang dibangun dalam proyek ini, termasuk kantin, pusat olahraga. Hal ini memaksimalkan fungsi-fungsi baru dari Pabrik Bridgestone Indonesia di Karawang.

Untuk teknologi anti-gempa yang dimaksud bernama mid-story base isolation system yang mengaplikasikan isolasi seismik yang berada di atas kolom tempat parkir basement pertama untuk mencegah dampak kerusakan struktur pada mobil dan orang-orang di sekitarnya, ketika struktur utamanya bergerak akibat gempa bumi.

Pada bangunan ini, 51 bantalan karet peredam berkemampuan tinggi yang dibuat oleh Bridgestone terpasang untuk menyerap energi seismik yang terjadi.

“Di daerah rawan gempa bumi seperti Jepang dan Indonesia, penggunaan teknologi anti-gempa seperti ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak bencana. Penggunaan teknologi base isolation system pada kantor pusat Bridgestone Indonesia ini juga menjadi perwujudan lingkungan kerja yang lebih aman bagi seluruh karyawan yang ada di lingkungan ini,” pungkas Akihito.