POPULAR STORIES

Diduga Terlibat Kartel, Kantor BMW, Daimler, Dan Volkswagen Digeledah

Diduga Terlibat Kartel, Kantor BMW, Daimler, dan Volkswagen Digeledah foto: www.carscoops.com

KabarOto.com - Perusahaan otomotif asal Jerman, BMW dan Daimler, berencana melakukan sharing kendaraan untuk berkompetisi dengan Uber. Namun, kerja sama itu terpaksa ditunda karena keduanya diduga terlibat kartel bersama Volkswagen.

Seperti dilansir dari Carscoops, Selasa (24/102017), Penyidik Uni Eropa (UE) menggeledah kantor produsen otomotif Jerman, Daimler dan Volkswagen, untuk membuktikan tuduhan kolusi ilegal keduanya.

Baca Juga:

Regulator tengah mencari tahu indikasi oligopoli penetapan harga suku cadang termasuk desain pengendali emisi kendaraan oleh BMW, Daimler, dan Volkswagen. Investigasi terhadap ketiganya muncul setelah mereka menghindari aturan emisi disel.

Komisi Eropa menyebut investigasi yang melibatkan pengawas persaingan usaha ini untuk menghindari kartel dan menerapkan praktik bisnis yang sehat. Komisi Eropa sendiri tidak menyebutkan perusahaan yang terlibat.

Uni Eropa mendapatkan informasi dari salah satu mantan karyawan Volkswagen, bahwa ada lima pabrikan yang bekerjasama membuat software khusus yang mampu mengakali emisi mesin diesel.

Mereka membuat software ini mampu memanipulasi data emisi, ketika mobil sedang menjalani uji emisi. Sedangkan saat berkendara normal, emisi yang dihasilkan melebihi ambang batas.

Dalam investigasi yang dilakukan pada Senin (23/10/2017), Volkswagen dan Daimler membenarkan pemeriksaan sejumlah dokumen di kantor mereka. Pekan lalu, Daimler sudah menawarkan bukti konspirasi mereka ke pengawas persaingan usaha sehingga hukuman yang Daimler terima bisa lebih ringan. Tahun lalu, atas tudingan kartel, Daimler didenda lebih dari 1,18 miliar dolar AS.

Dua tahun lalu, Volkswagen mengaku menggunakan perangkat lunak untuk menghindari kontrol emisi secara ilegal di AS dan UE setelah menemukan BMW, Daimler, dan Volkswagen memanfaatkan celah kelemahan kontrol uji lingkungan. Meski berpotensi menghadapi masalah di UE, 38 ribu mobil diesel Volkswagen mendapat persetujuan mobil emisi rendah dari regulator California dan regulator federal.

Persetujuan ini akan melepaskan Volkswagen dari kewajiban menarik kendaraan yany dinilai tidak lolos kualifikasi. Regulator Federal menyetujui permintaan Volkswagen untuk memperbaiki atau menarik kembali 80 ribu kendaraan diesel mereka dengan alokasi dana 1,2 miliar dolar AS.