POPULAR STORIES

Kapal Pengangkut 4.000 Unit Mobil Volkswagen Group Terbakar Di Tengah Laut Lepas

Kapal Pengangkut 4.000 Unit Mobil Volkswagen Group Terbakar di Tengah Laut Lepas Kapal kargo Felicity Ace terbakar (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Pekan lalu kapal Felicity Ace yang membawa 4.000 unit mobil dari Volkswagen Group terbakar di lepas pantai Portugal dan terombang-ambing setelah 22 awaknya berhasil diselamatkan.

Sebanyak 4.000 unit kendaraan ini merupakan mobil listrik yang dilengkapi baterai lithium-ion. Menurut pihak berwenang mengatakan bahwa kebakaran sulit dipadamkan karena adanya baterai lithium-ion.

“Api telah mereda dalam beberapa jam terakhir. Kekhawatiran kami adalah polusi karena kapal memiliki bahan bakar dalam jumlah besar dan adanya baterai mobil listrik,” kata Kapten Pelabuhan terdekat di pulau Faial Azorean, João Mendes Cabeças.

Baca Juga : Volkswagen Tawarkan Perlengkapan Berkemah Seharga Rp64 Jutaan

Usai api yang mereda, dia mengatakan bahwa tim mungkin dapat menaiki kapal guna mempersiapkannya untuk ditarik ke Eropa atau Bahama. Semantara itu, Volkswagen belum secara resmi mengkonfirmasi jumlah total kendaraan di atas kapal.

Dalam laporan lain menyebutkan bahwa kapal Felicity Ace membawa 3.965 kendaraan, yang terbagi menjadi 1.000 unit dari Porsche dan Bentley 189 unit. Sedangkan, kendaraan dari Volkswagen dan Audi juga dilaporkan ada di atas kapal, meskipun jumlahnya belum terkonfirmasi.

Baca Juga : Volkswagen Amarok Generasi Anyar Sudah Sebar Sketsa

Menurut Ekonom Amerika Serikat, Patrick Anderson mengatakan bahwa dia memperkirakan kerugian awal sekitar $ 282 juta.

“Melihat seluruh kargo, dengan asumsi bahwa tiga perempat dari kendaraan adalah kerugian total, dan rata-rata nilai grosir pada jumlah yang lebih rendah (terhitung untuk VW ditambah beberapa Bentley dan banyak Audi), diperkirakan kerugian sekitar $376.675.000,” jelas Anderson.