POPULAR STORIES

Kapan Produksi UD Trucks Di Thailand Pindah Ke Isuzu Karawang? Ini Jawabannya

Kapan Produksi UD Trucks di Thailand Pindah ke Isuzu Karawang? Ini Jawabannya Kapan Produksi UD Trucks di Thailand Jadi Pindah ke Isuzu Karawang? Ini Jawabannya (Kipli)

KabarOto.com - Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian menyebut produksi UD Trucks dari Thailand akan direlokasi ke fasilitas PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Karawang, Jawa Barat. Lebih lanjut, Ia bilang, proses produksi direncanakan mulai awal tahun 2024, lantas bagaimana tanggapan IAMI?

Pengumuman tersebut sebenarnya telah dilakukan pada Juni 2022 silam. Yusak Kristian Solaeman selaku President Director PT IAMI mengatakan pada prinsipnya pihaknya akan tetap mengikuti komando dari pusat.

Baca Juga: Pabrik UD Truck Di Thailand Siap Pindah Ke Indonesia, Isuzu Investasi Rp 29 Miliar

"UD Trucks kan sudah jadi grupnya Isuzu. Jadi intinya kebijakan apapun yang dilakukan oleh Isuzu sebagai pemilik keluarga besarnya ya kita ikut," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta Pusat (25/01).

Pada kesempatan yang sama, Puti Annisa Moeloek selaku Communication Management Department Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), berkata bahwa pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih jauh terkait hal itu.

Baca Juga: Isuzu Masih Andalkan Elf Di Tengah Lesunya Pasar Komersial

"Sebetulnya dari awal bangun itu kapasitasnya sudah lebih, sekitar 80 ribu, maksimal. Yang sudah terpasang sekarang itu sekitar 50 ribu. Yang 50 ribu sekarang itu juga belum maksimal, baru 75 persen pemakaiannya. Intinya Isuzu kerjasama dengan UD, segala perpindahan itu sebetulnya kita belum bisa kasih yang pasti karena itu pembicaraan tingkat tinggi di sana (pusat)," terangnya.

Rencananya, memang rencana produksi UD Trucks di Indonesia tidak akan membangun lahan baru, namun memaksimalkan utilisasi pabrik dengan penambahan lini produksi di pabrik Isuzu, Karawang, Jawa Barat.