Kapankah Aki Mobil harus Diganti?

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 15 Jun 2015 - 04:02
Kapankah Aki Mobil harus Diganti?
Beginilah perawatan aki mobil (Foto Istimewa)

Usia accu alias aki mobil ada yang berkisar tiga hingga lima tahun. Tentunya dengan perawatan yang tepat, akan membuat aki mobil Bro and Sist bertahan hingga waktu maksimum.

Seperti yang diketahui bahwa aki mobil merupakan aki asam timbal. Di sini aki mobil diubah menjadi energi kimia menjadi energi listrik. Pada umumnya, Bro and Sist, dapat menggunakan aki mobil tanpa pengisian selama dua jam sebelum aki habis sepenuhnya.

Seperti yang dikatakan oleh Kang Asep, demikian nama panggilan untuknya yang memiliki bengkel Asep Motor di wilayah Beji, Depok, Jawa Barat ini, menurutnya ada alternator yang bertindak sebagai generator listrik untuk mengisi ulang baterai, tetapi hanya bekerja saat mobil berjalan. Di sini ada aki basah dan aki kering.

Menurutnya, aki mobil yang banyak dipergunakan adalah aki basah, laed acid battery. Nah, untuk aki yang satu ini paling tidak sebulan sekali untuk melihat dan mengontrol air akinya.

"Jangan sampai air aki tersebut kering. Bila kering sel aki akan mengakibatkan kerusakan. arus pengisian alternator ke aki menjadi terlalu besar, sehingga menjadi penyebab air aki mobil mendidih atau yang disebut dengan istilah aki bau," jelas Asep.

Lebih lanjut Asep yang ditemui oleh KabarOto.com, mengatakan, aki akan lebih tahan lama pada mobil yang aksesorisnya sedikit ketimbang dengan pernak-pernik mobil yang dilengkapi dengan aksesoris yang banyak. Misalnya saja, kan ada masyarakat yang mengganti headlamp ke ukuran yang lebih besar.

"Hal itulah yang membuat aki cepat haus. Sebaiknya Bro and Sist, harus mencatat tanggal penggantian aki baru di bodi aki. Hal ini akan lebih mudah mengontrol usia aki tersebut," ujar pria yang bertubuh tinggi ini.

Lalu, yang menjadi pertanyaan di sini, bagaimanakah pemeliharaan aki yang baik itu? Jawabannya hanya satu, jika aki tersebut di charge dengan teratur maka aki mobil dapat bertahan selama lima tahun. Yang perlu diperhatikan adalah bila Bro and Sist tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu lama, sebaiknya aki mobil itu jaringan koneksi terminalnya harus dilepas.

Selanjutnya menurut Asep, daya aki akan habis dengan sendirinya saat kendaraan dibiarkan berada dalam cuaca yang panas tanpa menghidupkan mesin setidaknya sekali setiap 48 jam.

Baca Juga: