POPULAR STORIES

Baut Swingarm Lepas, BMW Recall 3.368 Unit BMW R NineT

Baut Swingarm Lepas, BMW Recall 3.368 Unit BMW R nineT BMW R nineT yang di recall karena baut swingarm (foto: istimewa)

Kabaroto.com - National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat menarik (recall) 3.368 unit BMW R nineT buatan tahun 2014-2017. Penarikan tersebut dilakukan baut swingarm lepas.

Posisi baut yang berada pada bagian pivot swingarm tidak dapat mengunci dengan sempurna, dan bisa terlepas sendiri ketika dikendarai. Masalah ini timbul akibat kesalahan proses produksi dari pemasok, di mana beberapa baut yang menghubungkan pin pivot sisi kanan ke frame dapat terlepas dengan sendirinya sehingga membahayakan bagi pengendara.

Kesalahan itu disebabkan proses pemotongan yang tidak sempurna. Hal itu memengaruhi stabilitas motor, yang memungkinkan terjadinya kecelakaan.

Atas kejadian tersebut, BMW Motorrad akan memberi tahu pemilik R nineT yang terkena dampaknya, dan diler sepeda motor BMW akan membersihkan dan memasang kembali baut pin pivot. Demikian dilansir dari Carscoops, Rabu (30/8/2017)

Diler juga akan memberikan baut ke spesifikasi yang sesuai, serta menerapkan perekat pengunci pada baut, semuanya tidak dikenakan biaya. Penarikan kembali BMW R nineT diperkirakan akan dimulai pada 9 Oktober nanti.