POPULAR STORIES

NHTSA Selidiki Mobil Honda Mengalami Gangguan Sistem Kemudi

NHTSA Selidiki Mobil Honda Mengalami Gangguan Sistem Kemudi Acura Integra jadi salah satu model yang diduga mengalami gangguan sistem kemudi (Foto: Acura/Honda)

KabarOto.com - Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) tengah melakukan penyelidikan terhadap merek mobil Honda yang dilaporkan mengalami gangguan pada sistem kemudi.

Melansir laman NHTSA, ada 1.324 pengaduan dari konsumen, beberapa di antaranya mengeluhkan bagian sistem kemudi. Dilaporkan ada 13 kecelakaan yang menyebabkan 3 orang pengendara mengalami cedera.

Pengaduan dan keluhan ini sudah terjadi pada dua tahun terakhir, di mana model-model yang mengalami kerusakan adalah Honda Civic, Honda CR-V dan Acura Intera, dengan jarak tempuh yang relatif pendek.

Baca Juga: Honda Accord RS E:HEV Di Indonesia Lebih Mahal Rp 166 Jutaan Dari Thailand

Sementara berdasarkan laporan Autoevolution, rata-rata pengendara mempersoalkan setir kemudi yang tiba-tiba macet pada posisinya. Salah satu contohnya adalah nomor aduan 11556368 menjelaskan kemudi Honda Civic tahun 2022 terkunci dan menjadi sangat keras ketika melaju dengan kecepatan 113 kpj. Akibatnya pengendara harus memutar kemudi dengan keras agar setir tidak terkunci.

Honda Civic Type R yang dipasarkan di Indonesia

Pemilik mobil dengan nomor aduan 11464979 melaporkan bahwa roda mobilnya tersentak ketika mencoba melakukan koreksi kecil. Dia juga menyadari ada suara aneh keluar dari sistem elektronic power steering-nya.

Meskipun masih ada beberapa bulan lagi sebelum putusan dijatuhkan, NHTSA percaya bahwa proses heat treatment dan pengkondisian komponen gir cacing pada mobil mungkin menjadi penyebab utama insiden ini.

Baca Juga: All New Honda Accord RS E:HEV Dibekali Koneksi Google Dan Honda Connect, Begini Cara Kerjanya

Seorang insinyur bernama Stefanie Oldenburg juga menebak ada masalah pada proses anil dan pengkondisian komponen. Kesalahan ini menyebabkan adanya tegangan internal di dalam gir cacing.

Akibatnya, pada awal penggunaan kendaraan, roda gigi cacing bisa mengalami perubahan bentuk. Hal ini menjelaskan bagaimana roda gigi cacing kemudian dapat tersangkut sehingga adanya peningkatan upaya kemudi. NHTSA juga menyoroti masalah gemuk yang tidak konsisten pada perangkat kemudi.

Merespon laporan tersebut, Honda Motor Amerika merilis keterangan resmi untuk melakukan penggantian rakitan girboks pada beberapa varian Honda Civic.

Kabarnya, akan ada 532.535 unti mobil yang dipasarkan merek Honda dan Acura yang diproduksi tahun 2022-2023 akan ditarik kembali.