POPULAR STORIES

Honda Accord RS E:HEV Di Indonesia Lebih Mahal Rp 166 Jutaan Dari Thailand

Honda Accord RS e:HEV di Indonesia Lebih Mahal Rp 166 Jutaan dari Thailand Honda Accord RS e:HEV di Indonesia dibanderol Rp 959,9 juta (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Honda Accord RS e:HEV resmi mendarat di Indonesia, dibanderol Rp 959,9 juta. Harga tersebut jauh lebih mahal dari Thailand, yang lebih dulu meluncurkan sedan mewah ini. dijual dengan harga 1,79 baht atau sekitar Rp 793 jutaan. Artinya harga yang ditawarkan di Indonesia lebih mahal Rp 166 jutaan.

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and Aftersales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan, Honda Accord RS e: HEV diproduksi di Thailand, dan dikirimkan ke Indonesia dalam bentuk utuh. Itu yang membuat harganya lebih mahal.

Baca Juga: Distribusi All New Honda Accord RS E:HEV Dimulai Januari 2024

Subsidi mobil hybrid di Thailand membuat harganya lebih murah

Selain itu, mobil hybrid di Indonesia belum mendapatkan subsidi dari pemerintah, sedangkan di Thailand subsidinya cukup besar. Faktor lainnya disebabkan oleh administrasi kendaraan.

"Banyak penyebabnya, kita impor dari Thailand, pajak paling banyak, termasuk barang mewah. Belum lagi subsidi kendaraan hybrid di sana juga beda," jelas Billy, Jakarta (07/12/2023).

Baca: Honda Accord Generasi Terbaru Meluncur, Ini Harga Bekas Model Sebelumnya

Sebagai informasi, di Thailand memang ada subsidi yang diberikan kepada mobil hybrid. Melansir Nation Thailand, subsidinya berupa pengurangan pajak hingga 14 persen.

Sementara itu, di Indonesia PKB dan BBNKB mobil hybrid sama dengan mobil bermesin bensin, yakni 12,5 persen dan 1,75 persen, sehingga keseluruhannya menjadi 14,25 persen. Untuk tarif PPnBM-nya 6 persen, sesuai PP 74 tahun 2021.