Karena Chip Semikonduktor, Inden Kawasaki Ninja ZX-25R Menjadi 2 Bulan

Karena Chip Semikonduktor, Inden Kawasaki Ninja ZX-25R Menjadi 2 Bulan Kawasaki Ninja ZX-25R (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - Chip semikonduktor saat ini masih menjadi masalah bagi industri otomotif di seluruh dunia. Komponen kecil ini, pasalnya sangat berpengaruh pada sistem digitalisasi pada sebuah kendaraan. Tak hanya mobil, beberapa varian motor juga membutuhkannya.

Salah satunya adalah Kawasaki ZX-25R. Karena masalah tersebut, membuat konsumen Kawasaki di Indonesia harus menunggu alias inden hingga dua bulan, untuk bisa menghadirkan motor ini ke garasi rumahnya.

Baca juga: Komentar Pembalap Nasional Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R

Inden untuk model itu dikatakan langsung oleh Michael C Tanadhi, Kepala Pemasaran dan Promosi Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Menurut dia, krisis chip di seluruh negara membuat pengiriman Ninja ZX-25R ke konsumen lebih lama.

Tes Ride Kawasaki Ninja ZX-25R (Foto: KabarOto)

"ZX-25R ABS tadinya satu bulan, sekarang bisa jadi dua bulan akibat semikonduktor," terang Michael di kawasan JIExpo, kemayoran, Jakarta Pusat belum lama ini.

Hanya Ninja ZX-25R ABS saja yang mengalami masalah ini, karena chip digunakan untuk modul ABS. Sementara model non ABS indennya hanya satu bulan. Michael sendiri memaparkan, vendor chip semikonduktor untuk modul ABS dari Jepang.

Sebagai informasi, ada dua negara yang memproduksi Ninja ZX-25R, di antaranya Thailand dan Indonesia. Model produksi Thailand, untuk global, sementara Indonesia untuk lokal saja.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Harga untuk Kawasaki Ninja ZX-25R per Juni 2022 sendiri naik, untuk tipe ABS sebelumnya Rp 118.600.000, kini menjadi Rp 119.700.000. Sementara, ZX-25R standar semula Rp 101.200.000 kini menjadi Rp 102.200.000.