POPULAR STORIES

Karyawan Positif Covid-19, Ini Yang Dilakukan Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Karyawan Positif Covid-19, Ini yang Dilakukan Toyota Motor Manufacturing Indonesia Pengiriman mobil Toyota (TMMIN)

KabarOto.com - Selama masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mematuhinya dengan menetapkan kebijakan bekerja di rumah, untuk karyawan dan juga menghentikan sementara kegiatan produksi.

Setelah berhenti selama 2 minggu di bulan April 2020, selanjutnya sejak tanggal 27 April 2020 akhirnya beberapa fungsi di PT TMMIN mulai beroperasi dengan pengaturan 1 shift, guna memenuhi layanan dan kebutuhan ekspor.

Baca Juga: Service Motor Honda Bisa Di Rumah, Ikuti Cara Ini Mekanik Akan Datang

Untuk menghindari penyebaran virus Corona (Covid-19) di lingkungan kerja, Toyota pun menerapkan kebijakan yang memenuhi protokol kesehatan. Salah satunya, melakukan pemeriksaan untuk semua karyawan yang hadir di area kerja.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, diketahui seorang karyawan laki-laki berusia 30an tahun yang bekerja sebagai pegawai kantor (non-produksi) di pabrik Sunter TMMIN yang terletak di Jakarta Utara, terindikasi Covid-19.

Walaupun tidak menampakkan gejala (OTG – Orang Tanpa Gejala), karyawan tersebut kemudian menjalani tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau biasa disebut swab test untuk virus corona dan pada 9 Mei 2020 telah didiagnosa positif Covid-19.

Produk Toyota dijamin aman

Selain itu, dari informasi yang didapat, seorang karyawan laki-laki berusia 20-an tahun yang bekerja sebagai operator di Pabrik Karawang TMMIN, juga telah didiagnosa positif Covid-19 pada tanggal 12 Mei 2020, setelah menjalani test PCR.

TMMIN pun dengan segera melakukan penanganan kepada karyawan tersebut, yang saat ini menjalani prosedur isolasi di rumah sakit dan menerima penanganan medis.

"Sesuai prosedur dan sebagai pencegahan, kami dengan segera melaksanakan protokol kesehatan seperti deep cleaning, trace & test, serta protokol kesehatan lainnya," ujar Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam.

Baca Juga: Mercedes-Benz Vision EQS Concept, Sedan Listrik Mewah Masa Depan

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya menjamin seluruh aktivitas manufaktur dan penjualan Toyota, tidak terdampak dengan dugaan dan diagnosa Covid-19 ini. Ia juga menjamin keamanan seluruh produk dan jasa layanan Toyota.

"Kami terus melaksanakan aktivitas pencegahan penyebaran dan infeksi Covid-19, di setiap tahap produksi dan penjualan mobil Toyota Indonesia, bahkan hingga ke pelanggan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat dan meningkatkan kesadaran serta pengetahuan karyawan di bidang kesehatan," pungkas Azam.