POPULAR STORIES

Karyawan PT Pertamina Positif Terjangkit Virus Corona

Karyawan PT Pertamina Positif Terjangkit Virus Corona Pertamina

KabarOto.com - Salah satu karyawan di PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) di Balikpapan positif menderita virus Corona. Perusahaan mengkonfirmasi saat ini kondisinya dalam keadaan stabil, tidak ada demam, sesak nafas, pilek, atau pun batuk.

Mengutip isi surat yang ditulis General Manager PHM, John Anis, kepada para karyawan PHM, pihaknya menyebutkan kronologinya, satu pekerja PHM tersebut pada Kamis, 12 Maret 2020, bersama tiga orang pekerja lainnya, melakukan perjalanan dinas ke Jakarta untuk menghadiri rapat kerja di salah satu hotel. Namun, mereka tidak mampir ke kantor JHO atau Kantor Pusat Pertamina di Gambir.

Selang sehari setelahnya, kembali ke Balikpapan pada Jumat, 13 Maret 2020. Kemudian pada Senin, 16 Maret 2020, yang bersangkutan merasa meriang dan batuk sehingga memeriksakan diri ke RS rujukan Balikpapan. "Setelah menjalani serangkaian observasi dan tes, dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat, 20 Maret 2020. Ketiga pekerja PHM lainnya dalam kondisi sehat dan tidak ada keluhan," kata Anis dalam suratnya dilansir dari Kumparan.

Tak hanya pekerja yang terkonfirmasi positif Corona tersebut, dua orang lainnya saat ini sedang dalam perawatan di ruang isolasi RS rujukan Balikpapan dengan kondisi membaik. Bahkan salah satu di antaranya telah terkonfirmasi negatif. Sementara satu kasus lainnya masih menunggu konfirmasi.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, Cleveland Cyclewerks Resmikan Diler Ambon Maluku

Sesuai protokol dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini tengah dilakukan penelusuran atau tracing untuk mengetahui dengan siapa saja yang bersangkutan telah berinteraksi. Orang-orang tersebut nantinya akan diberikan informasi yang menyeluruh untuk dapat melakukan pencegahan, monitoring mandiri, karantina mandiri dan sebagainya, yang bertujuan untuk mencegah penularan lebih lanjut dan memutus rantai penyebaran virus ini.

Sejak virus ini mulai merebak, Manajemen PHM telah melakukan berbagai upaya mitigasi agar virus ini tidak menjangkiti karyawan dan keluarga. Berbagai kampanye kewaspadaan telah dilancarkan menggunakan seluruh saluran yang ada, juga sosialisasi di semua fasilitas kantor maupun produksi.

Manajemen PHM memastikan bahwa operasi PHM tetap berjalan dan akan meningkatkan upaya mitigasi dan berbagai langkah pencegahan agar penyebaran virus ini tidak meluas. Manajemen anak usaha Pertamina yang mengelola Blok Mahakam ini mengharapkan agar mereka yang tetap bekerja di lapangan tidak panik dan tetap fokus.

"Kepada mereka yang menjalankan Work From Home (WFH) juga agar tetap waspada, tidak meninggalkan rumah bila tidak mendesak dan penting. Proteksi, keselamatan dan kesehatan pekerja PHM adalah prioritas utama perusahaan," katanya.

Seluruh pekerja diminta untuk tetap tenang, tetap berpikir positif, istirahat yang cukup, tidak termakan dan menyebarkan hoaks, tetap menjaga jarak sosial (social distance), menerapkan Pola Hidup Sehat Bersih (PHSB), menjaga kebugaran dan apabila merasa mengalami gejala-gejala terpapar COVID-19 harap segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau melapor ke HSE/MED.