POPULAR STORIES

Kawasaki Bikin Helikopter, Begini Tampilannya

Kawasaki Bikin Helikopter, Begini Tampilannya K-Racer Helikopter buatan Kawasaki (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Helikopter biasanya dibuat oleh pabrikan yang memang khusus membuat pesawat terbang. Namun bagaimana jika helikopter dibuat oleh produsen sepeda motor? Ya, itulah Kawasaki.

Pabrikan yang identik dengan tampilan warna hijau ini membangun sebuah helikopter menggunakan basis mesin Ninja H2R. Kawasaki sudah menguji helikopter tersebut di Taikicho Multipurpose Aviation Park, Hokkaido, Jepang. Helikopter tanpa awak bernama K-Racer it sukses terbang dalam beberapa menit.

Baca Juga: Kawasaki D-Tracker 150 Versi Baru, Lebih Keren

Dikutip dari Response JP, selain sepeda motor, Kawasaki juga ternyata membuat kendaraan-kendaraan berat. Produksi ini melalui anak perusahaannya, Kawasaki Heavy Industries Ltd.

Helikopter K-Racer dengan basis mesin Ninja H2R (Foto: Istimewa)

Seperti disebutkan di atas, Kawasaki menggunakan mesin Ninja H2r untuk menerbangkan Helikopter itu. Namun, mesin tersebut sudah dimodifikasi dengan rotor utama berdiameter 4 m.

Mesin yang sudah diubah itu memiliki kapasitas 998cc, sanggup memuntahkan tenaga maksmal 310 dk pada putaran mesin 14.000 rpm dan torsi puncak 165 Nm di putaran 12.500 rpm.

Bicara masalah desain, K-Racer ini dibekali dengan sayap juga terdapat baling-baling yang menggantikan rotor ekor di sisi kiri dan kanan. Baling-baling tersebut fungsinya untuk membuat gaya dorong ke depan.

Fungsi sayap utama untuk menghadirkan gaya angkat dan juga mengurangi beban pada rotor utama. Nah, ini komponen yang bisa membuat helikopter ini dapat melaju pada kecepatan tinggi.

Baca Juga: Mini Cooper Klasik Ini Pakai Mesin Kawasaki Ninja ZX-10R

Helikopter K-racer ini dikemudikan secara otonom. Hasil pengujian ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan pesawat Vertical Takeoff and Landing Aircraft (VTOL).