Kawasaki GTO Buatan 1981 Berkonsep Burung Jalak Bali Mencuri Perhatian

Kawasaki GTO Buatan 1981 Berkonsep Burung Jalak Bali Mencuri Perhatian Pengunjung pameran terpana melihat motor Jalak Bali

KabarOto.com - Sebuah motor Kawasaki GTO tahun 1981 menjadi perhatian pengunjung pameran seni bertema Motorcycle Diary, dengan nama Riding With The Wind Vol. 2 yang berlangsung di Deus Ex Machina, Canggu, Bali, 21 Februari hingga 22 Maret 2020.

Kawasaki GTO yang sudah tidak lagi diproduksi itu diberi nama "Motor Jalak Bali" atau dengan istilah "L/R". Karya instalasi Tommy Dwi Djatmiko tersebut adalah perwujudan esensi dari bentuk dan warna burung Jalak Bali yang berwarna Biru Metalik dan Putih.

Baca Juga: Mau Modifikasi Skutik Bongsor? Motor-motor Keren Ini Bisa Jadi Acuan

Di tangki kanan terdapat tulisan Rothschildi

Pada tangki bagian kiri tertera tulisan "Leucopsar" dan bagian kanan bertuliskan "Rothschildi". Jika digabungkan keduanya menjadi nama latin dari burung Jalak Bali yang ia kagumi sejak masih duduk di Sekolah Dasar.

Pada plat nomor bagian depan juga tertulis huruf "L/R" yang bermakna ganda. "Leucopsar Rothschildi" bisa juga "Left Right" atau Yin Yang mengartikan keseimbangan dengan Alam.

Sasisnya masih mempertahankan asliannya, dibalur cat berwarna hitam dengan sokbreker ubahan bergaya trail. Ban sudah diganti model dual purpose sehingga tampilannya semakin gahar.

Pria yang biasa disapa Mastom, secara serius mempelajari suara yang dihasilkan oleh burung Jalak Bali dan mengulik suara knalpot dengan memanfaatkan saringan dari mobil VW. Membuat suara yang keluar dari knalpot seperti cuitan burung Jalak Bali.

Knalpot menggunakan saringan VW, pembuangannya disebelah kiri dengan warna chroom

Karya Instalasi ini dilelang secara online melalui akun Instagram @mastomcustom. Hasilnya akan disumbangkan ke Begawan Foundation yang menangani konservasi burung Jalak Bali. Lelang online akan ditutup pada 22 Maret 2020. Sampai saat ini angka penawaran tertinggi sudah mencapai Rp 40.000.000.

“Pameran Riding With The Wind Vol.2 ini merupakan eksebisi pameran yang diselenggarakan sebagai bentuk kecintaan saya terhadap dunia fauna Indonesia,” jelas Mastom.

Baca Juga: Motor BMW Ini Dimodifikasi Menggunakan Mesin Mobil VW

Dalam pameran ini, mastom memajang 8 lukisan, 9 karya seni cetak, dan juga 1 karya instalasi yaitu Motor Jalak Bali.