Motor BMW Ini Dimodifikasi Menggunakan Mesin Mobil VW

Motor BMW Ini Dimodifikasi Menggunakan Mesin Mobil VW

KabarOto.com - Motor BMW seri R, memang terkenal dengan mesin boxer twinnya. Termasuk diantaranya BMW R60. Sebagai standarnya BMW R60 menggunakan mesin berkaparsitas 600 cc. Mesin ini juga menggunakan konfigurasi 2 silinder Boxer. Namun, sebuah BMW R60 mendapat modifikasi ekstrem menggunakan mesin mobil Volkswagen.

Jantung pacu BMW R60 diganti menggunakan mesin dari Volkswagen berkapasitas 1.500 cc, dua kali lipat lebih dari mesin standard BMW R60. Motor gabungan BMW dan Volkswagen ini diberi nama Fikobike.

Dilansir dari Silodrome, BMW Volkswagen Fikobike adalah sepeda motor khusus yang dibangun oleh pengusaha minyak Dallas Lee Fikes. Pada musim gugur 1967. Lee Fikes merasa tenaga 30 dk dari mesin BMW R60 kurang memenuhi kebutuhannya. Karena itu ia mengganti mesin motornya dengan mesin yang lebih besar.

Untuk sebuah motor tua, BMW R60 ini juga terlihat masih rapih. Bagian pelek masih menggunakan model jari-jari dengan tromol berukuran cukup besar. Bagian suspensinya juga terlihat masih rapih. Bentuknya juga khas motor-motor tua.

Baca juga: Equaliser Model Stik Yang Trendy Pada Zamannya

Bagian lampu depan motor ini sudah diganti, menggunakan dua buah lampu bulat. Bagian spionnya juga sudah kekinian dengan menggunakan spion bar end berbentuk kotak.

Yang menarik adalah bagian instrument clusternya. Instrument cluster dari BMW R60 ini juga sudah diganti. Instrument cluster berbentuk kotak ini terdiri atas spidometer, tachometer, ammeter, oil pressure, dan tempratur oli. Selain itu juga ada pemantau suhu mesin dari Harley-Davidson di bagian setangnya.


Untuk bagian tangki bahan bakarnya, BMW R60 ini masih menggunakan tangki berkelir hitam bawaannya. Tangki hitam ini berpadu dengan ruang mesin R60 yang terlihat padat. Pada bagian mesin, Bagian cover klepnya juga sudah diganti. Menggunakan merek langka, yaitu Thomas Tomahawk.

Bagian jok juga masih khas motor tua, dengan jok yang besar dan tebal. Berpadu dengan rak untuk membawa barang yang terletak di belakang. Bagian rak ini menggunakan bahan krom, dan terlihat masih rapih.

Baca juga: Head Unit Model Jadul, Kini Masih Jadi Buruan

Pelek krom berpadu dengan teromol besar, dan disambung dengan jari-jari yang juga berbahan krom. Sebuah knalpot berkelir krom juga menyembul hingga ke bagian belakang, khas motor tua.

Dilansir dari Silodrome, hari ini Fikobike tetap dalam kondisi keseluruhan yang sangat baik dan orisinal. Siap untuk pemilik berikutnya. Bagi yang berminat untuk memiliki motor ini, motor ini juga dilelang oleh rumah lelang yang cukup terkenal di Amerika yaitu RM Shelby. Namun sayangnya belum ada informasi harga yang tersedia untuk motor ini.

Bagaimana menurut anda, apakah cocok mesin mobil digunakan di motor? (Gregorius Nikolaus.P)

Berita Terkait

Berita Terkait