POPULAR STORIES

Kejelasan Formula 1 GP Belanda, Dikabarkan Beberapa Bulan Lagi

Kejelasan Formula 1 GP Belanda, Dikabarkan Beberapa Bulan Lagi

KabarOto.com - Jadwal Formula 1 2021 sudah direvisi, Sirkuit Zandvoort akan menjadi tuan rumah GP Belanda, balapan ke-13 pada 3-5 September mendatang. Namun, CEO Sirkuit Zandvoort, Robert van Overdijk memberi tahu kondisi terkini trek, menurutnya dalam tiga bulan ke depan akan ada jawaban terkait jadi atau tidaknya GP Belanda digelar di Zandvoort.

Hal itu dikarenakan renovasi Zandvoort harus mulai dilakukan sekitar 1 Juli mendatang. Jika dihitung mundur sesuai jadwal, maka GP Belanda bakal digelar lima bulan lagi.

“Lihat yang terjadi di Australia tahun lalu, saat memutuskan membatalkan balapan pada saat-saat akhir. Mereka sebelumnya sudah memperhitungkan ongkos dan kerugian. Jadi, kami harus memiliki kepastian dan kejelasan soal penyelenggaraan F1 ini,” jelas Robert van Overdijk.

Baca Juga : Sirkuit Monza Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Dari sisi keuntungan, Zandvoort baru bisa untung jika para penonton diizinkan menyaksikan secara langsung di trek. Namun Van Overdijk dan timnya juga masih memikirkan opsi lain yang bisa menguntungkan.

“Sebetulnya dengan jumlah 10 ribu penonton pun belum cukup untuk menutupi pengeluaran. Tetapi jumlah itu cukup membantu. Bila penonton kurang dari itu, kami tentu butuh bantuan,” paparnya.

Pemerintah Belanda susah memutuskan tidak akan memberi dukungan finansial untuk Zandvoort terkait penyelenggaraan GP Belanda. Namun Formula One Group (FOG) selaku promotor, dan pemegang hak komersial F1 sepertinya siap membantu Zandvoort.

Baca Juga : Lewis Hamilton Siap Duel Dengan Red Bull Sepanjang 2021

Di sisi lain, Van Overdijk tidak mau berpikir tentang pemunduran jadwal, apalagi pembatalan, “Kami yakin banyak orang Belanda yang sangat ingin Zandvoort menggelar F1. Bila bisa digelar, GP Belanda pasti akan memiliki plus dan minus. Jika tidak jadi digelar, mungkin lain waktu kami bisa menggelarnya. Yang pasti, F1 harus ada di Belanda,” jelasnya.

Sirkuit Zandvoort sebenarnya sudah masuk kalender Formula 1 sejak 2020 lalu. Tetapi karena pandemi Covid-19, gelaran itu pun dibatalkan. Namun para calon penonton yang sudah terlanjur memesan tiket 2020, tiket itu bisa dipakai untuk GP Belanda tahun ini. Dengan catatan jika pandemi sudah bisa dikendalikan dan ada izin penonton bisa datang ke trek.